4 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Mencuci

Mencuci baju sudah menjadi kegiatan yang biasa kita lakukan. Mungkin Anda juga punya metode sendiri untuk mencuci baju. Namun, terkadang sering terjadi kesalahan-kesalahan kecil yang sering kita tidak sadari, namun efeknya akan sangat terlihat setelah mencuci. Padahal, mencuci baju adalah untuk menjaganya agar tetap bersih dan awet, bukan? Untuk mendapatkan manfaat mencuci secara optimal, hindari kesalahan-kesalahan ini:

1. Menuangkan deterjen langsung pada baju
Yang satu ini memang sudah biasa kita lakukan. Namun, sebenarnya cara tersebut keliru. Menuangkan deterjen langsung setelah menaruh baju di mesin cuci sebenarnya kurang efektif. Cara terbaik agar baju benar-benar bersih setelah dicuci adalah dengan menaruh baju terlebih dahulu, kemudian merendamnya dengan air, dan terakhir tuangkan deterjen. Namun, jika Anda menggunakan pemutih, pertama-tama tuangkan air, lalu taruh baju dan terakhir tuangkan deterjen.

2. Memaksa pengering bekerja terlalu keras
Jika Anda punya waktu untuk mengeringkan cucian Anda, sebaiknya tetap menjemur dan mengangin-anginkannya. Cara tersebut tak hanya menghemat energi, tapi pakaian juga akan lebih lembut dan halus, serta tidak membuat baju jadi melar. Selain itu, sebaiknya hindari menaruh baju hingga terlalu penuh di pengering agar hasil lebih optimal.

3. Membiarkan risleting terbuka
Tahukah Anda? Risleting yang terbuka bisa merobek kain yang halus serta menggores penutup mesin cuci. Jadi, pastikan menutup semua retsleting baju sebelum Anda menaruh semua cucian Anda di dalam mesin cuci. Selain itu, bra yang tidak dikaitkan juga bisa secara tak sengaja mengoyak kain pakaian yang halus. Menghindari kesalahan-kesalahan yang sering terlewatkan ini bisa membuat pakaian tetap awet.

4. Tidak mengecek apakah pakaian luntur
Jika Anda baru saja membeli baju dan ingin mencucinya untuk pertama kali, jangan lupa untuk melakukan tes apakah warna kainnya luntur atau tidak saat dicuci. Sebelum terlanjur menyesal karena baju-baju Anda yang lain jadi terkena luntur, Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu dengan merendamnya bersama pakaian lain yang sudah lawas, contohnya kaus kaki putih Anda yang sudah usang.

Sekian artikel 4 kesalahan yang sering dilakukan saat mencuci, semoga bermanfaat. Salam freshlab ( pewangi laundry terercaya by simplyfresh) 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *