5 Cara Menghemat Air Saat Mencuci Pakaian

5 Cara Menghemat Air Saat Mencuci Pakaian. Harus diakui, air paling banyak diperlukan saat mencuci pakaian dibandingkan untuk mandi. Tak mungkin, kan, Anda hanya butuh satu ember air saat mencuci? Anda akan butuh sangat banyak untuk merendam, mencuci, hingga air untuk membilas pakaian agar bersih dari sabun.

Nah, agar rumah Anda tak boros air, dan itung-itung peduli lingkungan juga, inilah tips menghemat air saat mencuci dengan menggunakan mesin cuci.

1. Sesuaikan dengan kapasitas
Kumpulkan cucian hingga cukup memenuhi tabung mesin cuci. Dengan memanfaatkan kapasitas mesin cuci dengan maksimal, Anda tak perlu membuang air terlalu banyak. Hindari menjejalkan mesin cuci melebihi kapasitasnya.

2. Gunakan deterjen khusus
Berbeda dengan deterjen untuk mencuci dengan tangan, deterjen untuk mesin cuci berbusa lebih sedikit sehingga tidak perlu dibilas berulang-ulang. Dengan busa yang lebih sedikit, mesin cuci menjadi lebih awet.

Pilih deterjen berkualitas yang mampu larut sempurna di berbagai kondisi air, baik air keras maupun lunak, serta mampu mengangkat noda dan kotoran secara efisien. Ikuti takaran yang dianjurkan untuk menghindari busa berlebih.

3. Kucek noda dahulu
Jika menemukan noda, segera kucek bagian tersebut tanpa menunggu hingga jadwal mencuci berikutnya. Ingat bahwa semakin lama noda dibiarkan, semakin sulit pula dihilangkan. Oleskan bagian bernoda dengan deterjen cair, tambahkan sedikit air, lalu kucek atau sikat hingga noda hilang.

Anda sebaiknya tidak membiarkan pakaian kotor tertumpuk dalam kondisi lembap untuk mencegah perkembangbiakan bakteri dan jamur. Cara ini juga membantu Anda agar tidak perlu mencuci pakaian dua kali saat menggunakan mesin cuci.

BACA JUGA : Tips Mencuci Pakaian Secara Manual Pakai Deterjen

4. Pilih mesin cuci yang efisien
Jika ingin membeli mesin cuci baru, pilih yang paling efisien dalam penggunaan air dan listrik.
Konsultasikan dengan penjual alat elektronik atau perhatikan review serta pendapat orang lain yang pernah menggunakannya—biasanya tersedia dalam forum digital serta komunitas yang mayoritas anggotanya adalah orang yang sudah berkeluarga.

5. Bedakan bahan pakaian
Meski ada yang mengatakan mesin cuci kini aman digunakan untuk setiap bahan pakaian, tetap saja ada beberapa jenis pakaian yang sebaiknya dibedakan waktu pencuciannya atau dicuci dengan dikucek saja. Misalnya, pakaian dalam, pakaian renang, serta pakaian yang berbahan sutra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *