5 Tips Melakukan Promosi Produk yang Tepat Sasaran

5 Tips Melakukan Promosi Produk yang Tepat Sasaran. Salah satu kunci sukses untuk menciptakan penjualan yang besar adalah melakukan promosi yang tepat. Sebenarnya, ada banyak cara mempromosikan produk yang cukup berpotensi mendatangkan konsumen untuk Anda. Hanya saja tidak semuanya cocok untuk dijalankan dalam perusahaan Anda. Beberapa produk memiliki karakter khusus yang hanya cocok dengan beberapa cara promosi produk. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa cara untuk melakukan promosi produk yang tepat agar dapat mencapai sasaran yang diinginkan.

1. Menjaga Kualitas Produk
Promosi sering diartikan sebagai kegiatan yang agresif ke luar. Padahal usaha promosi produk harus dimulai dari produk itu sendiri. Dalam hal ini, konsistensi dan kualitas perlu diperhatikan. Jangan sembarangan mengubah komposisi atau bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan. Misalnya, kita pernah menemui penjual makanan kesukaan yang tiba-tiba rasa atau tekstur makanannya berubah dibandingkan saat terakhir kita mencicipinya. Umumnya konsumen akan merasakan kekecewaan jika makanan yang Anda jual kadang terasa lezat sekali minggu lalu, sedang-sedang saja di hari yang lain, atau sama sekali tidak menggugah selera makan pada hari ini. Contoh tersebut sering kita jumpai karena kurangnya ketelitian dan dedikasi dalam menciptakan sebuah produk.

2. Cetak Dan Sebarkan Selebaran Di Tempat Yang Tepat
Salah satu strategi ampuh untuk memberitahu beragam konsumen potensial ialah dengan membuat brosur dan menyebarkannya pada orang-orang yang potensial untuk menjadi konsumen setia. Sertakan gambar yang menarik dilengkapi kontak untuk menghubungi jika ingin memesan dalam brosur Anda. Selain itu, trik lain agar selebaran Anda tidak begitu saja dibuang adalah dengan mencantumkan isi yang bermanfaat di dalamnya. Misalnya, Anda bisa sertakan keunggulan produk, resep makanan, maupun informasi menarik lainnya yang relevan dengan produk yang ditawarkan.

3. Buat Peta Lokasi Penjualan Di Kemasan Produk Anda
Lokasi yang kurang strategis kadang menjadi kendala tersendiri bagi sebuah usaha untuk berkembang lebih besar. Mungkin kualitas produk Anda sudah tidak dipertanyakan lagi, tetapi jika orang sulit untuk membeli langsung ke tempat usaha Anda maka semua usaha bisa sia-sia. Untuk itu, berikanlah petunjuk bagi pelanggan yang ingin membeli dengan sebuah peta lokasi toko atau pabrik Anda. Dan dengan mengetahui lokasi lebih baik, konsumen juga bisa menyebarkan keberadaan usaha Anda dengan lebih baik.

4. Manfaatkan peristiwa-peristiwa yang mengundang keramaian
Efektivitas berpromosi dalam situasi yang ramai biasanya lebih tinggi daripada situasi yang lebih sepi. Kunjungi dan berpartisipasilah di berbagai event tertentu yang relevan dengan bisnis Anda. Misalnya, mengikuti pameran mobil di mall jika Anda menjalankan bisnis jual beli mobil. Di sini Anda bisa merancang sebuah paket promosi spesial yang menarik, misalnya yang memberikan kesempatan terbatas untuk menikmati potongan harga dalam persentase tertentu atau mengadakan kontes.

5. Manfaatkan Sosial Media
Selain digunakan untuk berinteraksi antara pengguna (yang saling kenal), sosial media juga bisa digunakan sebagai sarana promosi yang paling tepat. Promosi melalui sosial media seperti Facebook, Instagram dan sebagainya merupakan salah satu strategi yang bisa menjangkau konsumen dengan tepat.

Baca Juga : 10 Tips Strategi Promosi Efektif yang Belum Anda Ketahui

Prakteknya, Anda bisa membuat sebuah akun khusus di beberapa media sosial, kemudian buatlah koneksi dengan pengguna lain. Jika produk yang ingin Anda promosikan adalah untuk wanita, maka hubungkan sosial media dengan pengguna yang berjenis kelamin wanita. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan media periklanan yang ditawarkan oleh media sosial tersebut. Karena disana Anda bisa mentarget konsumen mulai dari lokasi, usia, dan jenis kelamin. Dengan begitu Anda bisa meraih penjualan yang lebih efektif dan maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *