5 Tips Membuka Cabang Usaha

Melebarkan sayap bisnis atau membuka cabang bisnis merupakan salah satu impian semua pebisnis, seperti membuka gerai baru,cabang baru, atau kantor representatif baru merupakan salah satu tanda kesuksesan dan perkembangan bisnis. Tapi, perlu kalian harus diingat! jangan sampai hanya mengejar pembukaan cabang baru dan mengabaikan peningkatan omzet dan profit.

Kasus tersebut cukup sering terjadi, berapa banyak cabang yang gagal, dan berapa banyak kegagalan tersebut justru berpengaruh buruk bagi perusahaan.
Berikut beberapa strategi jitu untuk membuka cabang baru agar cabang tersebut memberi kontribusi maksimal dan membuahkan keuntungan :

Standarisasi Produk
Pertama yang harus disiapkan adalah standarisasi produk, baik barang maupun jasa. Karena pada intinya, produklah yang akan dijual ke konsumen, jadi inilah urat nadinya. Mengapa isu ini sangat penting? Banyak kasus bila produk di cabang kualitasnya lebih buruk daripada di pusat, atau cabang tertentu lebih buruk daripada cabang lain. Coba dipahami baik – baik.

Proses standarisasi ini meliputi standar bahan baku, standar proses produksi, hingga standar packaging. Semua kualitas harus merata. Bila poin pertama ini belum siap, jangan coba-coba memaksakan membuka cabang. Karena disinilah produk yang akan dijual, agar mainsite orang tertarik dan merasa puas terhadap produk yang dibeli.

Kesiapan SDM
Apabila produk sudah terstandar semua, hal berikutnya adalah memastikan kita memiliki SDM yang mumpuni. Kesiapan SDM ini tidak hanya masalah jumlah, tapi juga skill dan keahlian mereka baik dalam product knowledge hingga customer service.
Masalah SDM ini sering menjadi penghalang utama perusahaan untuk sukses dalam mengembangkan cabang

Sistem Bisnis yang standar
Produk dan SDM sudah siap? Maka siapkanlah sistem bisnis dan SOP yang baik. Sistem bisnis ini mencakup sistem keuangan, SDM, pemasaran, hingga operasional yang terstandar. Aplikasikan semua kegiatan di pusat bisa diduplikasi secara baik di cabang sehingga standarnya pun tinggi.

Controlling
Terakhir, harus perkuat sistem kontrol. Harus ada kontrol rutin dari pusat. Sangat disarankan perusahaan untuk mulai menginvestasikan sistem IT dengan baik. Dari mulai cctv, hingga ERP yang memudahkan controlling dan arus informasi antar cabang dan pusat.
Semoga artikel diatas bermanfaat,salam freshlab. Pewangi laundry terpercaya by simply fresh laundry 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *