7 Jurus Sukses Bisnis Laundry

7 Jurus Sukses Bisnis Laundry  

Bisnis laundry merupakan bisnis yang semakin berkembang, bisnis jasa cuci pakaian ini bisa menjadi salah satu bisnis yang memiliki peluang yang sangat besar dibandingkan dengan bisnis lainnya. Namun persaingan bisnis ini cukup banyak baik dari bisnis laundry kiloan maupun bisnis laundry satuan yang sekarang banyak mengalami persaingan. Untuk itu kita sebagai pengusaha laundry harus selalu memperhatikan dan menjalankan berbagai 7 jurus sukses bisnis laundry seperti berikut ini.

7 Jurus Sukses Bisnis Laundry :

1. Memahami Karakter
Pahami lebih detil karakteristik bisnis laundry ini. Seluk beluknya, dari air yang dibutuhkan, listrik, system bisnisnya, serta apa saja faktor yang membuat orang berkeinginan membeli jasa laundry dan termasuk harga jual.

2. Memahami Perilaku Kompetitor
Pelajari perilaku kompetitor atau pesaing. Di sini kita mesti tahu tentang harga jualnya. Misalnya saja, harga jualnya Rp 6.000, berapa keuntungan yang diperoleh dari harga tersebut. Tetapi yang penting, kita mesti tahu mengenai hari-hari apa saja yang palinglaris dan yang paling sepi. Bahkan, jika dimungkinkan, anda perlu mencari tahu jumlah karyawan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini.S upaya Anda bisa dengan mudah melakukan hal yang kurang lebih sama dengan pesaing Anda.

3. Mengamati Bisnis Yang Sama
Dalam suatu bisnis Anda tidak perlu melakukan hal yang baru sama sekali. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat ATM (Amati Tiru danModifikasi). Kalau Anda belum mampu melakukan modifikasi, lakukan saja pengamatan terlebih dahulu dan kemudian Anda lakukan peniruan terhadapnya sesuai dengan kemampuan Anda.

7 Jurus Sukses Bisnis Laundry

                                                 7 Jurus Sukses Bisnis Laundry

4. Selalu Modifikasi
Jikalau Anda melakukan modifikasi, maka modifikasiyang perlu dilakukan adalah menjual dengan harga yang sedikit lebihmurah dari pesaing. Misalkan, pesaing atau pemain yang sudah lebih duluhadir menjual dengan harga Rp 6.000, sebaiknya Anda tidak menjual denganharga yang sama. Mungkin juallah dengan harga Rp 5.500. Supaya terlihat ada perbedaan. Tetapi kalau Andamenilai dengan harga itu ternyata membuat margin keuntungan menjaditipis, maka selayaknya Anda memberikan pelayanan yang lebih baik daripesaing dengan harga yang sama.

5. Membuat Bonus dan Diskon
Buat diskon dan bonus yang menarik konsumen Anda. Contohnya diskon cuci 5 kg gratis cuci 1 kg dan lain sebagainya. Buatlah terobosan yang menarik untuk konsumen Anda.

6. Mencari Rekan Bisnis Yang Tepat
Carilah rekan bisnis atau orang yang dapat diandalkan untuk membantu memasarkan jasa laundry tanpa harus menggajinya tetapi cukup dengan cara memberikan komisi terhadap penjualan.

7. Jujur dan Sabar
Berperilaku sabar dan jujur merupakan kunci sukses sebuah usaha. Dua hal itu, akan menjadi salah satu sebab sebuah bisnis berumur panjang. Namun, dua hal itu juga membutuhkan ketekunan . Karena sikap pantang menyerah, dan selalu berusaha sangat menentukan keberhasilan sebuah usaha. Sabar, bukan hanya sabar menunggu datangnya pelanggan tetapi sebuah usaha juga butuh kesabaran dalam mengelola, mempromosikan, menghadapi konsumenyang rewel dan lain sebagainya.

Semoga informasi 7 jurus sukses bisnis laundry ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kita semua….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *