Cara Hemat Air dalam Mencuci Pakaian

Penghematan air sudah seharusnya dilakukan. Mengingat semakin banyaknya penggunaan maka akan mengurangi air dari sumbernya terutama pada musim kemarau. Air banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya saja mandi, minum dan berbagai kegiatan lainnya. Namun dibandingkan dengan semua kegiatan yang telah disebutkan, yang paling banyak menggunakan air adalah mencuci. Hal ini dikarenakan ada banyak proses yang dilakukan saat mencuci pakaian dari mulai merendam hingga membilas. Banyak cara yang dilakukan untuk meminimalisir penggunaan air saat mencuci pakaian. Namun belum banyak yang tahu bagaimana cara yang benar untuk menghemat air terutama saat mencuci pakaian.

Menghemat air bisa dilakukan dengan melakukan berbagai cara. Dengan melakukan penghematan tersebut kita dapat menolong ekosistem serta menekan biaya pembayaran air yang terkadang meluap seiring dengan pemakaiannya yang semakin bertambah tanpa kita sadari. Karena itu, sangat penting untuk melakukan berbagai upaya untuk menekan kemungkinan itu terjadi. Salah satunya adalah dengan menggunakan berbagai tips yang ada dibawah ini. Masih banyak orang yang salah dalam memilih cara menghemat air. Kebanyakan dari mereka justru malah membuat tagihan menjadi semakin membengkak. Tentu saja hal ini sangat tidak diinginkan mengingat pendapatan belum tentu seimbang dengan biaya tagihan yang dimiliki.

Berikut ini tips menghemat air dalam mencuci pakaian:

Mengurangi volume
Tips yang pertama adalah bagaimana cara kita membuat air yang keluar menjadi stabil sehingga mengurangi pembengkakan tagihan air yang biasanya menjadi beban. Caranya adalah dengan mengurangi volume dari yang biasa digunakan. Dengan begitu tagihan akan tetap stabil serta pembilasan akan menjadi bersih dengan air yang tetap mengalir. Di samping itu juga sebaiknya kucek pakaian sambil membilasnya untuk membantu mempermudah menghilangkan busa detergen yang masih menempel pada pakaian serta dapat mengurangi risiko bau akibat busa yang masih tertinggal di bahan. Biasanya pada saat membilas para ibu akan menggunakan banyak air dengan membuat volume air yang mengalir menjadi besar. Namun tindakan tersebut hanya akan membuang-buang air saja.

Gunakan detergen satu kali bilas
Banyak yang keliru dalam menggunakan detergen. Detergen dengan busa yang banyak belum tentu menjamin cucian menjadi bersih seperti yang kita kira. Melainkan sebaliknya. Busa akan melekat pada kain sehingga akan sulit untuk membersihkannya. Alhasil pakaian justru akan menguning serta mengeluarkan bau sabun yang tak sedap. Ada beberapa inovasi baru dalam rangka penghematan air yang dilakukan saat mencuci pakaian salah satunya adalah dengan menggunakan detergen yang dapat dibilas hanya dalam satu kali saja. Soal kebersihan tentunya dijamin bersih dan Anda dapat mengurangi pemakaian air lebuh baik dari pada menggunakan detergen biasa.

Gunakan pelembut pakaian
Siapa sangka bahwa pelembut pakaian dapat diaplikasikan sebagai salah satu tindakan penghematan air. Setelah menggunakan detergen satu kali bilas, tentunya Anda akan membilas pakaian dengan menggunakan air. Namun setelahnya ada baiknya dengan menggunakan pelembut pakaian kepada satu ember air dan rendam beberapa saat. Kemudian jemur atau keringkan dengan mesin pengering otomatis.

Ada beberapa alasan khusus yang mempengaruhi banyaknya volume air yang digunakan ketika hendak mencuci pakaian salah satunya adalah jumlah pakaian kotor yang menumpuk. Dengan melakukan penjadwalan seperti dua hari sekali atau mencuci tiga hari sekali jauh lebuh membantu dibandingkan dengan mencuci setiap hari. Selain itu juga tidak perlu memakan waktu lama serta lebih santai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *