Cara Jitu Menghadapi Pelanggan yang Menyebalkan

Dalam suatu usaha sangat penting untuk mengutamakan kenyamanan pelanggan. Hal ini dilakukan agar pelanggan tersebut tidak berpaling dari usaha Anda. Terkadang sampai ada yang rela mengeluarkan sebuah produk baru setiap minggunya hanya demi menjaga agar konsumen loyalnya tidak pindah ke kompetitor. Di setiap usaha apapun, biasanya mewajibkan karyawannya untuk menomorsatukan pelayanan kepada para konsumen.

Tipe-tipe pelanggan sangat bervariasi. Hal inilah yang mengharuskan para pebisnis untuk lebih memahami mereka. Dengan pelayanan optimal yang bertujuan untuk meminimalisir adanya komplain dari pelanggan merupakan salah satu solusinya. Namun tidak jarang ada beberapa dari mereka yang menyebalkan, baik saat membeli ataupun saat melakukan komplain. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Berikut ini adalah tips jitu menghadapi pelanggan yang menyebalkan:

Pahami karakter pelanggan. Seperti yang diketahui, saat menghadapi konsumen yang menyebalkan sebaiknya tidak perlu merasa kesal. Dengan mengetahui karakter orang tersebut Anda akan dapat dengan mudah memposisikan diri. Jangan juga membalas sikap pelanggan dengan sikap Anda yang sama (menyebalkan) karena hanya akan membuatnya semakin menjengkelkan dan sulit untuk direndam atau dikendalikan. Adapun beberapa jenis karakter yang harus diketahui adalah sanguinis populer, pleghmatis damai, koleris kuat, dan melankolis sempurna. Disini, penting sekali untuk menahan emosi semenyebalkan apapun pelanggan yang dihadapi. Permainan emosi sangatlah penting dalam situasi ini. Begitulah kiatnya.

Dengarkan. Cobalah untuk menjadi pendengar yang baik, siapa tahu dengan cara ini sikap pelanggan tersebut bisa berubah menjadi lebih tenang. Cobalah untuk tetap mendengarkan apa yang dia katakan hingga benar-benar selesai. Jika sudah, jelaskan lah perlahan-lahan dengan nada yang santai sambil tersenyum. Jika orang tersebut tetap bersikap menyebalkan, mintalah untuk menggantikan bantuan pada orang yang lebih berpengalaman untuk mendampingi.

Arahkan. Saat menghadapi pelanggan dengan sikap yang menjengkelkan, lakukan sebuah permainan emosi. Permainan disini maksudnya adalah, untuk mengendalikan emosi konsumen mengikuti emosi yang telah Anda ciptakan sendiri. Hal ini bertujuan untuk membuatnya tetap merasa dihargai dan didengar pendapatnya. Tidak perlu menganggapnya sebagai hal yang serius. Hal seperti ini sudah biasa terjadi di toko maupun di tempat usaha lain.

Berikan excellent service. Semenyebalkan apapun sikap pelanggan, berikanlah ia sebuah layanan penuh yang memuaskan. Tanyakan apa yang ia inginkan dan jelaskan bila yang diinginkan tidak mungkin dapat dipenuhi oleh pihak perusahaan. Hal ini biasa dilakukan oleh sejumlah usaha-usaha besar di beberapa tempat. Terbukti, cara ini dapat meredam pelanggan yang bersikap menyebalkan menjadi menyenangkan. Dengan menggunakan trik khusus seharusnya cara ini berhasil bila dilakukan ditempat yang usahanya masih terbilang kecil sekalipun. Karena bagaimanapun juga, pelanggan adalah raja. Karena itu, wajib bagi kita untuk mengutamakan kepuasan konsumen.

Ambil tanggung jawab pribadi. Untuk mengatasi pelanggan dengan sikap seperti ini, tidak perlu terlalu mengandalkan anak buah untuk menghadapinya. Justru sebagai owner Anda harus mampu menyelesaikan atau mengatasinya dengan cara sendiri. Selain dapat menyelesaikan permasalahan dengan cepat, pelanggan lain juga ada kemungkinan akan memberi penghargaan atas sikap Anda.

Itulah beberapa tips jitu saat menghadapi pelanggan yang menyebalkan. Konsumen seperti itu bisa menjadi menyenangkan, tergantung pada sikap kita saat menanggapinya. Sebesar apapun perusahaan yan dimiliki, bukan berarti bersih dari ketidakpuasan konsumen atas apa yang didapat. Jadi, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu jenis-jenis pelanggannya agar bisa memetakan dengan mudah karakternya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *