Cara Membuat Parfum Ruangan Alami Dari Tanaman

Cara Membuat Parfum Ruangan Alami Dari Tanaman

Cara Membuat Parfum Ruangan Alami Dari Tanaman

Cara Membuat Parfum Ruangan Alami Dari Tanaman
Parfum ruangan atau pengharum ruangan akan membuat suasana dan udara ruangan rumah terasa tenang dan nyaman. Dengan bahan alami dari tanaman-tanaman herbal akan membuat keharuman rumah menjadi lebih segar dan suasana akan terasa rileks. Bagaimana caranya membuat parfum ruangan alami dari tanaman herbal? Parfum ruangan alami dari tanaman herbal ini sangatlah mudah.

Tanaman Herbal apa saja yang bisa kita gunakan sebagai parfum atau pengharum ruangan? Berikut beberapa tanaman herbal yang bisa kita gunakan sebagai pewangi ruangan:

1. Batang/Kulit Kayu Manis
2. Cengkeh
3. Vanilla
4. Rosemary
Dan juga bahan-bahan lainnya yang tersedia banyak di lingkungan kita. Jenis parfum yang bisa dibuat dari tanaman herbal ini juga bisa kita beli di pasar-pasar tradisonal.

Berikut ini tips-tips cara membuat parfum ruangan alami dari tanaman herbal :

1. Cara Membuat Parfum Ruangan dengan cara Mendidihkan
Rempah-rempah beraroma harum seperti batang kayu manis, cengkeh, vanilla atau rosemary bisa direbus di dalam pot atau kendi dari tanah liat.
Saat direbus, akan menghasilkan uap dengan aroma yang hangat dan spicy. Ingin wewangian yang lebih segar? Tambahkan beberapa potong buah jeruk atau lemon.

2. Cara Membuat Parfum Ruangan dengan cara Menanamnya
Tanaman aromatik seperti melati, honeysuckle dan mawar bisa ditanam di dalam rumah dan menghasilkan wangi yang cukup intens.
Tanaman herbal seperti rosemary dan mint juga mudah tumbuh di dalam ruangan meskipun keharumannya tak sekuat bunga-bungaan.

3. Cara Membuat Parfum Ruangan dengan Potpourri (Peletakan Tananaman Diatas Mangkuk)
Anda bisa menciptakan pengharum ruangan alami dengan membuat potpourri. Selain praktis, cara ini juga cepat menimbulkan bau harum. Potpourri merupakan mangkuk yang berisi berbagai macam bunga-bungaan dan herbal kering. Campuran wewangian bisa berupa bunga mawar, lavender, chamomile, peppermint, batang kayu manis dan rosemary. Anda juga bisa menambahkan wangi buah seperti lemon kering atau kulit jeruk. Pastikan semua bahan benar-benar sudah dikeringkan sebelum mencampurnya. Tempatkan potpourri di meja ruang tamu, sudut ruangan atau tempat strategis lainnya.

4. Cara Membuat Parfum Ruangan dengan Sachet (Di bungkus)
Buatlah sachet pengharum ruangan sendiri. Gunakan kantung kecil dari kain dan isi dengan herbal serta bunga kering. Bunga lavender, daun sage dan spearmint cocok untuk menyegarkan ruangan. Sachet bisa diletakkan di mesin pengering untuk membuat cucian Anda lebih wangi. Bisa juga ditempatkan pada laci meja/lemari, kotak penyimpan barang, lemari pakaian atau digantung dekat gorden. Beberapa jenis bunga seperti lavender, selain mengharumkan ruangan juga berfungsi sebagai pengusir hama dan ngengat.

5. Cara Membuat Parfum Ruangan dengan membuat Bubuk Karpet
Kotoran pada karpet bisa menimbulkan bau tak sedap di dalam rumah.
Tapi Anda juga tidak sempat jika harus membersihkannya setiap hari. Cara paling praktis untuk mengusir bau tak menyenangkan adalah dengan bubuk wangi. Campurkan enam bagian baking soda, tiga bagian lavender kering dan satu bagian tepung maizena ke dalam toples. Diamkan campuran itu selama beberapa hari. Setelah itu taburkan bubuk ke atas karpet, diamkan selama satu jam. Kemudian bersihkan dengan vacuum cleaner.

Nah mudah bukan cara membuat parfum ruangan di atas, tips pengharum ruangan ini semoga bermanfaat untuk kita Fresher.
Dan simak juga tip-tips menarik lainnya hanya di menu “Berita” website pewangilaundry.co.id.

Sumber: Wolipop dan Care 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *