Cara Memikat Hati Pelanggan

Cara memikat hati pelanggan agar tetap setia kepada bisnis yang sedang anda jalankan tidak bisa di lakukan dengan sembarangan, mengingat persaingan bisnis dari hari kehari semakin meningkat dan selalu bertambah banyak, sedikit saja anda lengah dalam memperhatikan pelanggan maka anda sudah kehilangan nilai dari suatu bisnis yang lama anda rintis.

Mengapa anda perlu mempelajari cara memikat hati pelanggan dengan baik, karena itu juga salah satu dari cara memajukan dan meningkatkan perkembangan bisnis anda. Bagaimana mungkin sebuh bisnis akan berjalan dengan lancer apabila pelanggan setiap hari selalu berkurang sedikit demi sedikit.

Sebagai seorang penjual maka kita harus tahu apa sebenarnya yang pelanggan inginkan, jangan sampai kita hanya memikirkan apa yang kita mau saja, karena dalam bisnis sangat diperlukan sikap win win solution. Agar tercipta hubungan yang baik antara kedua belah pihak.

Berikut 6 cara memikat hati pelanggan yang bisa anda terapkan dalam menjalan bisnis anda.

#1. Jalankan bisnis secara terbuka
Apabila bisnis anda ingin di kenal banyak orang maka jangan menjalankan bisnis terselubung, anda harus ingat bahwa kekuatan pelanggan dari yang satu ke pelanggan lainnya, mereka akan lebih gampang bercerita kepada temannya yang lain apabila melihat kejelsan bisnis anda serta dengan mudah mereka pahami dan di kenali. Biarkan mereka mengetahui informasi tentang bisnis anda secara terbuka dengan begitu anda bisa membuktikan bahwa bisnis anda bukan bisnis main – main atau bisnis yang abal – abalan.

#2. Jangan Meremehkan Ucapan Terima Kasih Kepada Pelanggan Anda
Dalam hal ini coba anda berperan sebagai pelanggan di sebuah toko, bagaimana perasaan anda apabila seorang pelayan atau pemilik toko berlaku cuek dan tidak memperhatikan pelayanan yang baik terhadap anda bahkan untuk berterima kasihpun tidak mau, tentunya anda akan berpikir bahwa pelayanan toko tersebut tidak bagus dan bisa jadi anda juga bercerita ke orang lain, nah demikian juga adanya mereka pelanggan anda. Mereka akan senang apabila bertransaksi di toko anda mendapat ucapan terimakasih dengan lembut di iringi senyuman ihklas. Mereka tentu akan memuji cara pelayanan di toko milik anda dan akan kembali lagi suatu saat ketika ada kebutuhan lain.

#3. Usahakan untuk Bisa memberi Reward
Reward berbeda dengan memberikan bonus atau produk gratis di awal tapi tidak konsisten, memberikan hadiah kepada pelanggan akan membuat mereka sangat senang sekali tidak perduli berapapun nilainya meeka akan merasa di hargai, memberikan reward dan juga hadiah merupakan strategi yang telah terbukti berhasil seperti yang di terapkan oleh Tsuji orang terkaya di jepang pembisnis Hello Kitty.

#4. Punya Rasa Empati
Sebagai pemilik toko apabila anda berempati terhadap pelanggan anda itu artinya anda sudah menunjukan bahwa anda sudah respek terhadap mereka. Adanya sikap empati anda terhadap pelanggan akan mempererat jalinan dan kepercayaan mereka terhadap anda.

#5. Menerima saran dan Kritikan dengan terbuka
Ini penting bagi anda untuk di perhatikan, banyak diantara pembisnis yang tidak suka di kasi saran atau kritikan, padahal jika anda bisa menanggapi kritikan dan saran pelanggan dengan bijak anda akan menemukan banyak kebaikan untuk perbaikan dan kemajuan bisnis anda, karena disana anda akan tahu apa yang pelanggan inginkan lalu berusaha untuk memenuhi apa yang mereka butuhkan dari bisnis anda. Jangan mudah tersinggung dengan apa yang siampaikan oleh pelanngan anda, ketahuilah justru kritikan dan saran yang keras sebenarnya itu sebuh nilai yang jujur terhadap kualitas pelayanan bisnis yang anda jalankan.

#6. Hormati dan cintai pelanggan anda.
Dalam bisnis jangan hanya memikirkan keuntungan dan keuntungan belaka, tapi jadilah teman yang baik bagi pelanggan anda, berikan pelayanan terbaik untuk semua pelnggan anda tanpa membeda – bedakan mereka. Jika mereka merasa puas dengan pelayanan anda maka disana juga mereka akan menjadi pelanggan yang berulang membeli produk anda, otomatis keuntunganpun akan datang untuk anda.

Pahamilah bahwa, apabila anda mampu melihat senyuman ihklas terpancar dari bibir pelanggan anda, itu sudah merupakan keahagiaan tersendiri bagi anda, bersabrlah terhadap mereka, bersikap sopan santun, cintai mereka layaknya anda mencintai diri anda, perlakukan mereka sebagaimana apabila anda yang menjadi pelanggan juga ingin di perlakukan dengan baik.

Teruslah berusaha jangan putus asa, selama anda berjuang dengan sungguh – sungguh Isyaa Allah akan selalu ada jalan kemudahan terbuka lebar untuk anda bisa memikat hati pelanggan dengan mudah agar loyal terhadap bisnis anda. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *