Cara Mempertahankan Eksistensi Bisnis

Membangun usaha dari bawah merupakan suatu kebanggan tersendiri, tetapi saat membangun usaha bukan berarti usaha yang di bangun selalu menghasilkan kesuksesan. Banyak juga pengusaha yang gulung tikar, hal tersebut mungkin dikarenakan pengusaha tersebut tidak tahu cara mempertahankan eksistensi bisnis. Berikut ada beberapa cara untuk mempertahankan eksistensi bisnis, mari kita simak:
1.Jadilah solusi bagi permasalahan konsumen
Di jaman sekarang sudah banyak bisnis yang muncul dari kegiatan sehari-hari, membuat solusi bisa jadi menciptakan inovasi dan kreatifitas. Jika sudah seperti itu maka konsumen tidak akan memilih produk pesaing.

2.Ikuti perkembangan pasar
Selalu amati perkembangan pasar, biasanya ada tren terbaru, kemudian kita bisa mengikuti tren tersebut dengan karya kita sendiri tanpa harus meniru karya orang lain, setidaknya menciptakan sesuatu yang belum marak digunakan pesaing.

3.Mengamati Gerakan pesaing
Selalu amati gerakan pesaing agar kita tau siapa yang ikut dalam bisnis kita, strategi apa yang harus di gunakan, kita juga tidak boleh memnganggap pesaing itu musuh, terkadang kita juga bisa belajar dari pesaing.

4.Perluas jaringan
Dijaman sekarang sangat perlu memperbanyak relasi atau jaringan, karena sekarang mempunyai banyak relasi akan memperoleh banyak pengalaman, dan belajar dari relasi relasi tersebut,,, maka jangan ragu untuk meminta pengalaman dari rekan rekan yang sudah sukses terlebih dulu dari kita.

Itulah beberapa cara mempertahankan eksistensi bisnis, jangan malu bertanya jika ingin sukses, semoga menambah wawasan dan pengalaman pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *