Cara Mempertahankan Pelanggan

Untuk memperdalam karakter konsumen, kita memang perlu mengetahui psikologis mereka. Dilain tempat mungkin akan dibahas secara spesifik tentang psikologi khusus konsumen, berikut cara mempertahankan pelanggan :
1. Siapkan tempat saran atau masukan
Secara umum pelanggan sifatnya ingin diperhatikan, mereka tidak mau tahu apakah kita mempunyai pelanggan ratusan atau ribuan tiap hari, mereka hanya berpikir ingin dilayani full service. Salah satu bentuk perhatian kita ialah mendengar keluhan konsumen dengan membuat tempat khusus, bisa dengan kotak suara, nomor untuk menerima keluhan, dan lain-lain. Dilain sisi kita bisa melihat apa yang kurang dari produk kita, entah bisa dari produk sendiri atau dari sisi pelayanan yang kurang layak, itu salah satu cara mempertahankan pelanggan.

2. Follow up setelah membeli
Ucapan terima kasih untuk membeli atau memberikan informasi yang menarik (adanya diskon, promo, launching produk, dll) dapat kita lakukan setelah pelanggan membeli produk, dengan tujuan konsumen merasa dihargai, karena kita masih mengingatnya walaupun yang menjadi pelanggan sangat banyak, apalagi jika kita menyebut nama mereka satu persatu (bukan secara umum). Bagaimana melakukannya? Kita bisa membuat daftar buku tamu, dengan mengisi nama, no hp, dan email, bagi saya ini strategi yang penting dalam cara mempertahankan pelanggan bisnis.

3. Ajak aktif di sosial media atau blog
Dengan membludaknya pengguna internet khususnya di Indonesia, maka kita sebagai pemilik produk sudah kebutuhan mutlak untuk membuat akun disocial media (facebook atau twitter) atau website produk, tujuannya ialah menunjukkan eksistensi kita yang tetap hadir untuk semua kalangan dan memperluas pemasaran agar menjadi banyak yang mengetahui.

4. Mengajak pelanggan untuk membuat testimoni
Buatlah pengumuman bahwasanya akan diambil 5 komentar terbaik testimoni dan akan ditampilkan di website atau timeline kita, mereka pasti senang jika menjadi pen-testimoni karena bakal mejeng di hal depan website atau timeline. Strategi ini membuat pelanggan kita aktif dan memberi dampak viral marketing yang membuat produk kita dilihat orang banyak.

5. Mencari orang yang berpengaruh untuk memberikan testimoni
Meneruskan dari strategi yang ke-4, akan tetapi kali ini kita mencari orang yang berpengaruh (memiliki banyak fans). Mengapa harus demikian? Karena akan berdampak juga fansnya yang banyak mencoba produk kita, contoh=> kita menjual pewangi, kemudian kita minta testimoni dari Rafi Ahmad dan Raditya Dika, dengan testimoni yang diberikan oleh ke 2 orang tersebut, maka dengan sendirinya fans mereka akan mencoba pewangi yang kita jual, tanpa disuruh dan dengan dahsyat akan mendongkrak penjualan.

Cara-Mempertahankan-Pelanggan
Sekian cara mempertahankan pelanggan, semoga dengan adanya artikel ini, usaha anda bisa lebih baik dari sebelumnya, salam freshlab 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *