Cara Memutihkan Baju Putih Yang Sudah Kusam

Baju putih adalah baju yang rentan sekali terkena noda, perlu perawatan khusus dalam mencuci, tidak bisa dicampur dengan baju yang berwarna gelap apalagi dengan baju yang berwarna yang mudah luntur. Baju berwarna putih bahkan terkadang jika sudah lama dipakai warnanya akan memudar atau kusam, jika sudah kusam dan warnanya tak seputih dan secerah ketika masih baru, secara otomatis kita akan enggan memakainya, dan pasti cenderung untuk membuangnya. Baju putih yang terlihat kusam jika kita tetap memakainya akan mengurangi kepercayaan diri bagi sang pemakai baju tersebut. Tapi sekarang jangan khawatir ada solusi untuk baju putih yang sudah kusam, jangan dulu dibuang guys, sayang jika dibuang.

Ada banyak solusi yang ditawarkan melalui produk-produk pemutih baju yang dijual dimana saja, memakai pemutih ini dapat digunakan sesuai dengan petunjuk yang tertera pada masing-masing produk pemutih. Ada juga dengan menggunakan cairan kimia yang berfungsi untuk menghilangkan warna yang kusam menjadi cerah dan putih kembali. Akan tetapi banyak juga orang yang kurang menyukai cara tersebut, karena cairan kimia dirasa terlalu keras, dan dampaknya dapat merusak serat kain. Dan parahnya dapat menimbulkan efek panas di tangan, serta bau kimianya yang menyengat di hidung.

Sebenarnya banyak sekali cara alami yang dapat mengembalikan warna baju putih yang kusam menjadi putih dan cerah kembali, dengan menggunakan bahan-bahan yang simple dan mudah dicari. Ini neh guys ada beberapa cara alami yang bisa dicoba di rumah, simak yaa..
Memutihkan Baju Putih Dengan Buah Lemon
Buah lemon ternyata dapat menjadi solusi untuk memutihkan kembali baju putih yang sudah kusam. Caranya; iris buah lemon menjadi beberapa bagian, kemudian siapkan air panas, masukkan buah lemon yang sudah diiris tadi ke dalam ember atau bak cucian berisi air panas tadi. Lalu masukkan pakaian berwarna putih, rendam hingga satu sampai dua jam. Kemudian cuci pakaian tersebut seperti biasa menggunakan sabun cuci, kemudian bilas dengan air bersih dan jemur. Jika sudah kering, anda akan melihat baju kusam tadi menjadi putih kembali. Ulangi cara diatas jika hasilnya kurang memuaskan.

Ada juga cara lain, jika pakaian putih anda sangat kusam, maka rebus air secukupnya hingga mendidih, kemudian tuang air ke dalam ember cucian, kemudian masukkan lemon yang sudah diiris, kemudian masukkan baju putih, dan rendam semalaman. Keesokan harinya cuci baju seperti biasa.

Memutihkan Baju Putih Dengan Cuka Putih
Cuka merupakan bahan untuk memasak atau bahan makanan yang memberikan rasa asam. Akan tetapi cuka juga terbukti ampuh mencerahkan pakaian putih yang kusam. Caranya; campur 100 ml hingga 250 ml cuka ke dalam air yang sudah diberi deterjen atau sabun cuci. Kemudian rendam beberapa menit, lalu cuci seperti biasa, bilas dengan bersih. Dengan menggunakan cuka ini akan memutihkan baju yang kusam, serta membantu agar sisa detergen tidak tertinggal pada pakaian. Memutihkan baju putih dengan cuka juga terbukti dapat melembutkan serat pakaian.

Memutihkan Baju Putih Dengan Buah Mengkudu
Buah mengkudu atau pace juga bisa digunakan untuk memutihkan baju putih yang kusam. Caranya; kupaslah satu buah mengkudu, lalu hancurkan buah mengkudu. Jika sudah siapkan air dalam ember, kemudian masukkan buah yang sudah dihaluskan tadi bersama dengan baju yang ingin di putihkan. Celup dan rendamlah baju sekitar 30 menit, lalu cuci dengan detergen, bilas dengan air bersih kemudian jemurlah.

Memutihkan Baju Putih Dengan Sinar Matahari
Ini adalah cara paling alami dibanding dengan cara-cara diatas, tidak membutuhkan banyak bahan, dan juga paling hemat. Cara ini banyak dilakukan orang-orang dahulu, dan terbukti masih bekerja dengan baik. Selalu jemurlah pakaian putih anda langsung di bawah sinar matahari, karena sinar matahari terbukti memiliki kekuatan untuk mencerahkan warna putih, dan bonusnya adalah memberi aroma segar pada pakaian. Akan tetapi jika pakaian berwarna sebaiknya tidak dijemur di bawah sinar matahari langsung, karena warnanya bisa memudar.

Itu tadi tips memutihkan baju putih yang kusam dengan cara yang alami. Untuk mencegah baju putih agar tidak cepat kusam, pada waktu mencuci pakaian sebaiknya pisahkan antara pakaian dengan warna dominan putih dengan pakaian yang berwarna gelap atau yang mudah luntur. Semoga bermanfaat yaa guys…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *