Cara Mencuci 5 Jenis Topi

Topi tak sekedar hanya sebagai pelindung kepala dari terik matahari dan melindungi kepala dari debu. Topi menjadi trends fashion yang tak hilang di telan jaman. Topi menjadi perlengkapan fashion yang selalu dijadikan aksesoris tambahan untuk fashion. Namun banyak orang yang tidak sadar ketika selalu menggunakan topi yang sering kali menyerap keringat dan menimbulkan bau yang tak sedap maka topi juga menjadi salah satu sarang timbulnya kuman. Terus bagaimana cara mencuci topi dan membersihkan topi agar selalu bersih dan rapi ? Simak cara mencuci 5 jenis topi berikut ini sehingga topi kesayangan Anda akan selalu bersih dan terhindar dari kuman dan bakteri.

Berikut ini cara mencuci 5 jenis topi berdasarkan bahannya dan modelnya yang bisa Anda praktekan :

1. Cara Mencuci Topi Rajutan
Topi rajutan sangat cantik dikenakan kala liburan ke pantai atau berkebun.
Ssebaiknya bahan rajutan di dry clean saja, karena bahan ini mudah ‘mengembang’ jika terkena air. Dan parahnya lagi, jika dicuci ia akan berubah bentuk karena air memiliki massa yang berat saat masuk di dalam serat benang, dan menariknya ke segala arah secara abstrak. Alhasil bisa jadi topi Anda berubah ukuran dari S menjadi L.

Cara Mencuci 5 Jenis Topi

                                                                 Cara Mencuci 5 Jenis Topi

2. Cara Mencuci Topi Bambu
Topi bambu bisa menemani langkah Anda berjalan-jalan mengunjungi tempat wisata seharian. Jangan salah, meski terbuat dari bambu, topi ini juga perlu perawatan. Anda bisa menyemprotkan cairan pembersih atau mencuci topi dengan air.

Campurkan sabun cair dengan air terlebih dahulu. Jangan langsung mengolesi topi dengan sabun karena ia akan terselip di dalam serat-serat bambu, dan bahan kimia sabun juga akan merusak tampilan bambu. Untuk itu campur sabun dengan air dan masukan topi ke dalamnya, sikat lembut dengan sikat gigi bekas. Rendam lagi di dalam air bersih sampai sabun benar-benar keluar, jemur dan keringkan.

Cara Mencuci 5 Jenis Topi - Pewangi Laundry

                                                        Cara Mencuci 5 Jenis Topi – Pewangi Laundry

3. Cara Mencuci Topi Kain
Topi kain biasa menemani saat-saat non formal Anda.
Cara mencucinya gampang, khusus untuk topi berwarna gelap Anda harus mencuci dengan air dingin. Dan sabun tetap dilarutkan terlebih dahulu di dalam air. Untuk yang berwarna terang, khususnya putih, cuci dengan air hangat supaya noda-nodanya hilang.

4. Cara Mencuci Topi Bludru
Sama halnya dengan topi rajutan, yang ini sangat rentan rusak. Oleh sebab itu sebaiknya dicuci dengan cara dry clean. Atau jika ada noda yang sulit dihilangkan, Anda bisa menyikatnya dengan sikat gigi halus. Jangan dicelup di dalam air, karena ini akan menghilangkan kelembutannya. Apalagi sabun akan merusaknya, dan membuatnya menjadi kasar. Kemudian, menjemurnya sebaiknya hanya diangin-anginkan saja ya Moms.

5. Cara Mencuci Topi Beraksesoris
Jangan keliru mencuci topi berhiaskan manik-manik atau pita-pita cantik ini, jika Anda tak ingin merusaknya. Cukup siapkan air sabun dan campurkan dengan air hangat, masukan topi di dalam air kemudian sikat perlahan dengan sikat gigi lembut. Basuh kemudian keringkan dengan hair dryer atau kipas angin.
Pada umumnya setelah dicuci bagian lem aksesoris akan lemah dan mudah lepas. Jahit kembali atau lem dengan lem khusus untuk boneka/ kain agar topi tetap awet seperti baru.

Semoga informasi cara mencuci 5 jenis topi ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *