Cara Mencuci dan Perawatan Pakaian Setelah Traveling

Cara mencuci dan perawatan pakaian setelah traveling berbeda dengan cara mencuci pakaian lain atau cucian lainnya. Setelah traveling atau contohnya berwisata ke pantai, wisata mendaki gunung dan lainnya pastinya pakaian atau peralatan traveling anda akan sangat kotor dengan kotoran air laut, tanah dan kotoran lainnya. Bagaimana cara mencuci peralatan dan pakaian traveling agar bisa bersih maksimal? Berikut ini beberapa cara mencuci peralatan traveling dan pakaian dengan mudah.

1. Periksa Label Cara Perawatan Pakaian
Banyak yang tidak mengecek dan mengikuti prosedur pada label perawatan dan cara mencuci dengan benar. Padahal, biasanya ‘kunci jawaban’ ada pada label pakaian tersebut. Pastikan Anda membaca terlebih dahulu.

2. Periksa Isi Kantung atau Saku Baju dan Celana
Sebelum mencuci, cek ulang apakah masih ada benda-benda pada kantung jaket, celana, atau ransel Anda. Benda padat berpotensi merusak bahan ketika proses pencucian. Ketika kantung sudah kosong, pastikan Anda menutup resleting kembali, untuk mencegah benda-benda tak diinginkan masuk.

3. Gunakan Sikat Kering
Gunakan sikat yang kering dan berbahan lembut untuk membersihkan bekas-bekas traveling seperti tanah, minyak, atau noda-noda yang mudah dihilangkan.

4. Gunakan Cairan Pembersih Khusus
Jika sudah cukup bersih, ini waktunya membubuhkan cairan pembersih khusus bahan tahan air ke dalam mesin cuci (berbagai toko olahraga menjualnya). Cairan tersebut bekerja mengikis kotoran sekaligus menjaga lapisan Durable Water Repellent (DWR) pada jaket, ransel, tenda, dan sebagainya. Untuk noda-noda yang masih membandel, gunakan deterjen non biologis, tanpa pelembut atau conditioner.

5. Mencuci Dengan Mesin cuci
Ketika hendak memulai pencucian, pastikan menggunakan air dingin dalam mesin cuci. Kemudian, atur mesin agar mencuci pada suhu 30 derajat celcius, dengan interval waktu yang pendek.

6. Proses Pengeringan
Keringkan pakaian dengan tumble drying pada suhu rendah selama 20 menit. Beberapa peralatan atau pakaian tidak membolehkan Anda melakukan tumble drying. Jadi, pastikan Anda membaca aturannya terlebih dahulu. Jika sudah selesai melakukannya, gantung pakaian tersebut dan biarkan udara mengeringkannya. Tetapi, pastikan ia tidak terkena sinar matahari langsung.

7. Cara Mencuci Dengan Tangan
Jika Anda lebih suka mencuci dengan tangan, tip-tip di atas tetap berlaku. Hanya saja, ketika membilas, lakukan dengan air mengalir. Jangan diperas karena dapat merusak bahan atau bulu pada pakaian. Cukup gulung atau goyangkan untuk menyingkirkan air yang berlebihan. Kemudian, jemur seperti pada poin enam.

8. Soal dry clean
Pertama, tak semua penyedia jasa dry clean mengerti cara melakukannya dengan baik dan benar, terutama terkait peralatan traveling. Kedua, tak semua peralatan atau pakaian traveling Anda boleh diproses dengan dry clean. Produk berbahan DRW biasanya tidak membolehkan Anda melakukannya. Pastikan Anda mencaritahu terlebih dahulu.

Demikian Fresher, semoga informasi cara mencuci dan perawatan pakaian setelah traveling ini bisa bermanfaat untuk para pecinta traveling.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *