Cara Mencuci Kain Batik Menggunakan Lerak

Cara Mencuci Kain Batik Menggunakan Sabun Lerak
Siapa yang tak menyukai motif kain batik yang beragam, dan mempunyai khas setiap motifnya. Kain batik tak hanya digunakan sebagai model pakaian dan tak hanya di kenakan oleh kalangan tertentu saja, bahkan saat ini kain batik menjadi beragam bentuk dan modelnya. Kain batik dirancang menjadi sepatu, tas, hard cover dan lain-lain. Untuk pakaian juga beragam modelnya dan motifnya. Terus bagaimana cara mencuci kain batik agar tidak mudah luntur dan tidak mudah rusak motif batiknya? Simak informasi cara mencuci kain batik menggunakan lerak berikut ini.

Cara mencuci kain batik menggunakan lerak agar tidak merusak motif dan bahannya :

Cara Mencuci Kain Batik Menggunakan Lerak

                           Cara Mencuci Kain Batik Menggunakan Lerak

1.Cara mencuci kain batik sperti halnya dengan mencuci kain tenun, batik tulis pun dicuci diutamakan jika benar-benar kotor. Untuk mencucinya pun digunakan buah lerak yang dimasukkan dalam air hangat, celupkan batik kedalamnya lalu kucek perlahan bagian kain yang kotor. Buah lerak tidak hanya berfungsi untuk membersihkan, tetapi juga berkhasiat untuk menjaga warna batik, di samping aroma lerak yang dapat mengusir serangga kecil perusak kain.

Cara Mencuci Kain Batik Menggunakan Sabun Lerak

                    Cara Mencuci Kain Batik Menggunakan Sabun Lerak

2. Biarkan kain batik tidak diperas agar kualitas serat kain tetap terjaga. Rentangkan batik untuk dikeringkan, namun jangan sekali-sekali menjemurnya langsung menghadap sinar matahari. Mengeringkan batik cukup diangin-anginkan saja agar warna batik tidak berubah.

3. Koleksi batik tulis yang langka dan antik sayang jika dijadikan sepotong busana, biasanya kain tersebut hanya untuk disimpan sebagai koleksi. Mungkin lantaran disimpan, batik tidak akan kotor, tapi bukan berarti tidak diperhatikan dan dibiarkan dalam lemari. Keluarkan batik dari lemari setiap dua minggu sekali untuk diangin-angginkan agar tidak lembab, karena kain yang lembab akan menjadi sarang jamur dan serangga kecil.

Demikian Fresher semoga informasi cara mencuci kain batik menggunakan lerak kali ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *