Cara Mencuci Kain Sarung

Cara Mencuci Kain Sarung Berdasarkan Jenis Bahannya
Kain Sarung atau Sarung merupakan kain yang multifungsi di Indonesia kain sarung biasanya digunakan untuk ibadah umat muslim, namun kegunaan sarung tak hanya sebagai perlengkapan ibadah. Sarung bisa digunakan untuk apa saja, misalkan untuk selimut dan lain-lain.

Jenis sarung banyak motif dan bahan yang berbeda. Setiap bahan yang berbeda, tentu saja memiliki cara perawatan dan pencucian yang berlainan pula. Oleh karena itu, penting untuk selalu membaca label pakaian pada sarung untuk memastikan petunjuk perawatannya. Bagaimana cara mencuci kain sarung atau mencuci sarung yang benar? Ini dia Fresher, kami sudah merangkum cara merawat dan mencuci sarung yang benar sesuai jenis bahannya.

Cara Mencuci Kain Sarung Rayon
Sebenarnya, cara terbaik untuk mencuci sarung bahan rayon adalah metode mencuci tangan alias hand wash. Hal ini untuk menjaga warna sarung agar tidak cepat pudar. Namun, jika Anda ingin menggunakan mesin cuci, ikuti langkah berikut:

1. Balik bagian luar sarung menjadi bagian dalam, kemudian masukkan ke dalam mesin cuci.
2. Gunakan air dingin dengan siklus normal
3. Setelah selesai, masukkan sarung ke dalam mesin pengering.
4. Tambahkan pelembut kain dan sedikit air kemudian putar mesin pengering selama 30 menit.
5. Ambil sarung dari pengering, dan jemur seperti biasa di udara terbuka yang tidak terkena sinar matahari langsung agar warna tetap cemerlang.

Cara Mencuci Kain Sarung Sutra
1. Sebaiknya cuci sarung sutra Anda dalam air dingin menggunakan metode hand wash.
2. Jika terdapat noda, segera kucek atau sikat dengan sedikit air sabun yang berformula lembut seperti shampo atau sabun cair.
3. Jemur sarung dengan cara digantung dan hindarkan dari panas matahari secara langsung.
4. Bila Anda harus menyetrika sarung sutera, balik terlebih dahulu bagian luar sutera di dalam, dan bagian dalam sarung berada di luar. Setrika dengan pengaturan suhu yang sedang atau hangat.

Untuk menjemur kain sarung sutra pastikan jangan dijemur langsung dibawah sinar matahari, angin-anginkan saja.
Demikian Fresher, semoga informasi cara mencuci kain sarung ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *