Cara Mencuci Yang Benar Dengan Mesin Cuci

Untuk meringankan semua pekerjaan mencuci pakaian, mesin cuci merupakan salah satu alat kebutuhan usaha laundry dan rumah tangga yang dapat meringankan kegiatan mencuci. Para ibu yang bekerja, sangat membutuhkan keberadaan mesin cuci agar pekerjaan mencucinya cepat selesai. Banyak manfaat yang didapatkan dari memiliki mesin cuci di rumah. Namun apabila pemakaiannya tidak benar, mesin cuci menjadi mudah rusak dan tidak awet. Untuk itu, dalam mencuci pakaian hendaknya mengikuti prosedur yang benar agar mesin cuci dapat bertahan lama. Berikut ini FreshLab Chemical Laundry akan memberikan informasi cara mencuci yang benar dengan mesin cuci.

Sebelum menyimak cara mencuci yang benar dengan mesin cuci, kita perlu apa saja manfaat mencuci menggunakan mesin cuci, berikut ini beberapa manfaat mesin cuci :
1. Mesin cuci berfungsi mempercepat dalam mencuci
Mesin cuci dapat menjadikan pekerjaan mencuci lebih efisien dan memaksimalkan cucian terutama efisien waktu. Hanya dalam waktu beberapa menit saja, baju-baju kotor yang dimasukkan dalam mesin cuci menjadi bersih kembali.
2. Mesin cuci membantu menghemat tenaga kita
Mesin cuci juga bisa membuat kita lebih menghemat tenaga. Jika mencuci menggunakan tangan membutuhkan tenaga ekstra, mesin cuci dapat memberikan solusinya. Hanya dengan menekan beberapa tombol, mesin cuci akan bekerja dengan sendirinya.
3. Dengan adanya mesin cuci kita dapat melakukan pekerjaan lain
Dengan menggunakan mesin cuci, kita bahkan bisa melakukan berbagai pekerjaan lain sambil menunggu cucian selesai. Ini sangat bermanfaat bagi ibu rumah tangga yang mempunyai banyak pekerjaan di rumah.

Cara mencuci yang benar dengan mesin cuci :
Agar mesin cuci tidak cepat rusak dan hasil cucian yang maksimal, dalam mencuci pakaian ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal-hal tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Pisahkan pakaian super kotor
Pakaian yang kotor karena lumpur, oli, atau karena kotoran lain yang memberikan noda membandel sebaiknya dipisahkan dengan pakaian yang tidak terlalu kotor. Sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu noda membandel tersebut dengan tangan sehingga mesin cuci tidak terlalu berat dalam bekerja dan tidak bau.
2. Urai baju sebelum dicuci
Sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci, urai dulu baju yang masih terlipat atau membuntal. Hal ini dilakukan agar hasil cucian lebih maksimal dan mencegah kerusakan pada silinder mesin cuci.
3. Jangan melebihi kapasitas
Melebihi kapasitas atau terlalu sedikit dalam memasukkan cucian ke dalam mesin cuci dapat mengganggu kerja mesin. Apabila jumlah pakaian melebihi kapasitas yang dianjurkan, kerja motor penggerak mesin akan terganggu dan ruang gerak yang sedikit dalam mesin akan membuat kerja mesin dalam membersihkan kotoran kurang maksimal.
4. Pisahkan pakaian sesuai bahannya
Pisahkan pakaian yang berbahan lembut dengan yang kasar, misalnya pakaian yang terbuat dari bahan sutera dan dari jeans. Jenis cucian yang berbeda seperti pakaian dengan selimut juga sebaiknya dipisahkan sesuai dengan program pengoperasian mesin.
5. Gunakan deterjen khusus
Sebaiknya pilih deterjen khusus untuk mesin cuci. Deterjen khusus mesin cuci biasanya tidak terlalu banyak menghasilkan busa, namun dapat memberikan hasil yang maksimal.
6. Jangan memasukkan pakaian saat mesin bekerja
Apabila mesin sedang bekerja, sebaiknya hindari membuka pintu mesin cuci laundry apalagi memasukkan pakaian ke dalam mesin. Hal ini akan membuat mesin cuci cepat rusak dan berumur pendek.
7. Pisahkan pakaian yang luntur
Baju yang baru saja dibeli biasanya akan mengeluarkan warna pada pencucian pertama. Sebaiknya pisahkan baju tersebut saat mencuci dengan mesin cuci. Begitu pula untuk baju-baju yang mudah luntur lainnya. Pisahkan pula baju berwarna putih dari baju berwarna lain. Ini akan mempertahankan kecerahan warna putih pada baju.

Demikian Fresher, semoga informasi cara mencuci yang benar dengan mesin cuci ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *