Cara Menghemat Air Saat Mencuci Pakaian

Bagaimana Cara Menghemat Air Saat Mencuci Pakaian ?
Dimusim kemarau seperti saat ini kita harus pintar-pintar menghemat air saat mencuci pakaian dan menghemat segala keperluan penggunaan air lainnya. Air adalah sumber energi dan kebutuhan paling penting bagi kehidupan manusia. Menghemat air saat mencuci pakaian salah satunya adalah langkah kita untuk menghemata air demi masa depan kita dan keturunan kita nanti. Bagaimana cara menghemat air saat mencuci pakaian? Ini pertanyaan yang mudah namun sulit dilakukan bagi sebagian orang, cara hemat air saat mencuci pakaian itu sangat mudah dan bisa kita biasakan setiap kali mencuci, berikut simak cara-cara menghemat air saat mencuci pakaian.

Cara Menghemat Air Saat Mencuci Pakaian

                         Cara Menghemat Air Saat Mencuci Pakaian

1. Gunakan Mesin Cuci Yang Efesien.
Mesin cuci model lama dengan bukaan atas menggunakan 151,4 hingga 170,3 liter air sekali cuci, dan rata-rata setiap keluarga mencuci sebanyak 300 kali dalam satu tahun. Mesin cuci efisiensi tinggi, biasanya bukaan depan, hanya membutuhkan 56,7 hingga 113,5 liter air sekali cuci. Ini dapat menghemat 11.400 hingga 34.000 liter air per tahun.

2. Operasikan Mesin Cuci Dengan Beban Penuh.
Mencucilah saat banyak pakaian kotor Anda, mulailah mencuci saat tumpukan baju Anda cukup banyak dan sesuai kapasitas mesin, sebelum Anda mencucinya.
Pastikan menggunakan mesin cuci dalam mode ekonomis sebagai cara penghematan air serta hemat listrik Anda! Terapkan aturan yang sama juga untuk mesin cuci piring. Operasikan saat cucian piring sudah cukup banyak tetapi jangan berlebihan.

3. Kurangi Frekuensi Mencuci Pakaian.
Jangan terlalu sering mencuci pakaian kotor Anda, pastikan pakaian belum perlu dicuci kecuali sangat kotor atau berbau.
Seperti handuk, gantung dan keringkan handuk pada rak setelah Anda mandi. Gunakan berkali-kali sebelum mencucinya lagi. Akan sangat membantu jika setiap anggota keluarga memiliki handuk masing-masing. Jika perlu gunakan warna-warni untuk membedakan.

Cara Penghematan Air Saat Mencuci

        Cara Penghematan Air Saat Mencuci

Semoga informasi cara menghemat air saat mencuci pakaian ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *