Cara Menghemat Pemakaian Listrik Mesin Cuci dan Air

Cara Menghemat Listrik Mesin Cuci dan air

Cara Menghemat Listrik Mesin Cuci dan air

Cara Menghemat Pemakaian Listrik Mesin Cuci dan Air
Untuk menghemat listrik tentunya banyak cara yang bisa dilakukan oleh kita, salah satu contohnya yaitu cara menghemat pemakaian listrik mesin muci dan air. Cara menghemat listrik dan air ini sangat cocok untuk pelaku usaha laundry dan para ibu-ibu rumah tangga yang ingin menghemat listrik dan air tentunya hemat biaya juga.

Menggunakan air dan listrik secara berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan serta kelangsungan hidup generasi yang akan datang. Tidak hanya buruk bagi lingkungan, biaya berlebih yang dikeluarkan atas penggunaan yang tidak seperlunya juga berdampak buruk bagi keuangan keluarga.

Di antara barang-barang elektronik yang sering digunakan di rumah, mesin cuci merupakan salah satu perabot rumah tangga yang menggunakan air dan listrik dalam jumlah cukup besar. Oleh karena itu, jika dapat mengoperasikan mesin cuci secara benar, maka Ibu dapat menghemat air sekaligus listrik. Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan mesin cuci agar hemat listrik dan hemat air.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pemakaian listrik mesin cuci dan air.

1. Pilihlah Mesin Cuci Hemat Air dan Listrik
Ketika hendak membeli mesin cuci, pilihlah mesin cuci yang hemat listrik, yaitu mesin cuci yang membutuhkan daya kecil dalam pengoperasiannya. Selain itu, sebelum membeli, Ibu sebaiknya sudah mengenali dua jenis mesin cuci yang umum dijual di pasaran dan menyesuaikannya dengan kebutuhan keluarga.

Mesin cuci bukaan atas dan mesin cuci bukaan depan, masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan. Misalnya, harga mesin cuci bukaan atas lebih murah serta lebih hemat air dan listrik. Namun secara desain, tingkat ketenangan saat beroperasi, dan kebersihan pencucian, mesin cuci bukaan depan memang lebih unggul.

2. Kurangi Frekuensi Pencucian Pakaian
Untuk menghemat listrik, Ibu dapat mengurangi frekuensi pencucian pakaian. Selain mengurangi penggunaan listrik, Ibu juga sekaligus dapat menghemat air dan deterjen.

3. Cuci pakaian tiga hari sekali atau seminggu sekali.

Agar lebih efektif dan efisien, maksimalkan jumlah pakaian dalam sekali pencucian. Namun, pastikan Ibu tidak memasukkan terlalu banyak pakaian ke dalam mesin cuci untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Atur Durasi dan Temperatur Mesin Cuci
Walaupun mesin cuci yang Ibu miliki sekarang tidak tergolong mesin cuci hemat air dan listrik, Ibu tetap dapat menghemat dengan mengatur durasi dan temperatur pencucian. Untuk pakaian yang tidak terlalu kotor, persingkat durasi putaran mesin cuci dengan suhu rendah, misalnya suhu 30 derajat atau menggunakan air dingin.

Demikian Fresher, semoga informasi cara menghemat listrik mesin cuci laundry, bermanfaat untuk kita semua sehingga akan menghemat pemakaian listrik dan juga hemat biaya pastinya.

Sumber: Rinso.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *