Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju dengan Mudah

Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju dengan Mudah. Noda oli adalah jenis noda yang cukup bandel dan sulit dihilangkan. Tekstur oli yang lengket karena mengandung minyak ini dapat meresap dan melekat di serat kain. Namun, Anda tidak perlu membuang baju yang terkena noda oli karena sejatinya noda tersebut dapat dihilangkan dengan berbagai cara.

Ada beberapa cara dan bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda oli secara mudah. Bahkan, noda oli yang sudah kering juga bisa dibersihkan dengan tips berikut ini, lho. Mari simak serba-serbi cara menghilangkan noda oli di baju dari FRESHLAB berikut ini. 5 Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju

1. Minyak tanah
Sebagian orang akan mengeluh ketika harus menghilangkan noda di celana jeans. Pasalnya, tekstur jeans yang tebal membuat celana tersebut susah dikucek. Bagaimana cara menghilangkan noda oli di baju berbahan jeans? Freshlab menyarankan Anda untuk memanfaatkan minyak tanah untuk menghilangkan noda oli di pakaian berbahan jeans. Rendam bagian celana jeans yang ternoda oli di dalam minyak tanah selama beberapa saat. Setelah itu, oleskan sedikit bensin untuk menghilangkan sisa nodanya. Kemudian, rendam celana jeans di dalam air dan deterjen sebelum mulai mencucinya. Minyak tanah juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda oli pada berbagai jenis kain.

2. Terpentin (Getah Pohon Pinus)
Tak banyak yang mengetahui bahwa terpentin atau getah pohon pinus bisa dipakai untuk menghilangkan noda-noda yang membandel, seperti noda oli maupun cat. Anda hanya perlu mengoleskan sedikit getah ke bagian pakaian yang ternoda oli dan diamkan selama beberapa saat.
Noda oli yang tampak melekat pada pakaian akan segera memudar dengan sendirinya setelah dioleskan dengan getah pohon pinus. Setelah proses menghilangkan noda oli selesai, segera cuci pakaian Anda dengan deterjen untuk memastikan bahwa noda oli benar-benar hilang.

3. Bedak bayi
Tidak semua jenis kain bisa menggunakan segala bahan yang bermanfaat untuk menghilangkan noda oli. Pasalnya, ada beberapa jenis kain yang tergolong tipis dan membutuhkan perawatan khusus, seperti kain sutra atau sifon. Jika Anda mendapati ada noda oli pada pakaian sifon Anda, maka Anda dapat menggunakan bedak bayi untuk menyerap noda oli tersebut. Selain aromanya harum, bedak bayi juga tidak membuat pakaian menjadi lengket seperti ketika Anda menggunakan minyak tanah. Bila noda oli sudah terserap oleh bedak bayi, segera cuci pakaian Anda dengan deterjen.

4. Tisu kasar untuk menyerap minyak
Pertolongan pertama untuk menghilangkan noda oli pada pakaian adalah dengan menggunakan tisu kasar yang biasanya dipakai untuk menyerap minyak makanan. Setelah pakaian ternoda oli, segera letakkan tisu kasar di atas bagian yang ternoda.
Jangan menggosok noda karena hal tersebut hanya akan memperluas noda pada pakaian. Jika cara menghilangkan noda oli di baju dengan tisu kasar ini kurang efektif, semprotkan pretreat spray, lalu gosok dengan tisu tersebut.

5. Sabun mandi batang
Percayakah Anda bahwa sabun mandi batang disinyalir lebih ampuh menghilangkan noda oli dibandingkan deterjen? Ya, jika Anda sudah mencuci pakaian yang ternoda oli dengan deterjen, tapi noda tersebut tidak kunjung hilang, maka Anda harus menggunakan sabun mandi batang. Gosokkan sabun mandi ke pakaian hingga berkali-kali, lalu kucek sebentar pakaian tersebut dan bilas dengan air bersih. Noda oli yang membandel akan hilang dengan sendirinya jika Anda memanfaatkan sabun batang ini.

Baca juga : Cara Ampuh Membersihkan Noda Cat Tembok Pada Pakaian

Tidak perlu khawatir dan buru-buru membawa pakaian yang ternoda oli untuk dicuci di laundry. Cobalah 5 cara menghilangkan noda oli di baju ini. Punya rekomendasi bahan atau cara lain yang efektif menghilangkan noda oli? Yuk, berbagi rekomendasi Anda kepada kami dan pembaca lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *