Cara Merawat Bedcover

Biasanya bedcover sering kali berjamur dan muncul bintik-bintik hitam di beberapa bagian hal ini dikarenakan perawatan yang tidak benar. Cara perawatan bedcover memang agak sulit dibanding dengan selimut biasa, karena bahannya, ketebalannya dan jenis kainnya, sehingga cara perawatan bedcover atau cara mencuci bedcover akan terasa melelahkan apabila dikerjakan dengan tangan. Namunada beberapa cara merawat bedcover yang benar dan mudah, simak tips cara merawat bedcover berikut ini:

Cara Perawatan Bedcover
Ada beberapa bagian pada bedcover yang biasanya rentan bersamaan dengan umurnya, yaitu pada pola jahitan motif yang saling silang menyilang diseluruh permukaan. Bagian ini akan mudah rusak diakibatkan proses menggunakan sikat saat mencuci. Bagian lainnya adalah bahan pengisi dari bedcover yang biasa disebut dacron yang bisa susut sejalan dengan seringnya dicuci. Susutnya dacron inilah biasanya yang paling dominan mempengaruhi kondisi bedcover anda dan cara terbaik untuk menghindarinya adalah tidak terlalu sering mencucinya. Bagaimana mungkin tidak boleh sering dicuci, untuk itu harus dijaga agar bedcover tidak mudah kotor dan disinilah seninya ya bila dirumah ada anak kecil apalagi jika masih tidur bareng sama ayah bundanya .

Cara Pencucian Bedcover
Jika anda ingin mencuci secara manual atau menggunakan tangan, maka hindarilah penggunaan sikat dan jika terpaksa menggunakannya maka pilihlah sikat yang lembut. Pada saat menyikatnya juga dengan lembut agar tidak merusak serat kain maupun pola jahitan di seluruh permukaan bedcover. Saat mencuci menggunakan mesin cuci gunakanlah putaran mesin yang soft, sebagaimana poin di atas hal ini menghindari cepat rusaknya bedcover anda.

saat mencuci dengan mesin pisahkan bedcover dengan pakaian lainnya selain menghindari resiko terkena lunturan, gesekan dengan pakaian lain akan membuat serat kain bedcover menjadi kasar dan terkadang memberi kesan seperti berpasir dan jika digunakan tentu jadi tidak nyaman pada kulit. Sebelum dicuci periksa dulu bedcover untuk mengetahui adanya noda yang cukup kuat, seperti darah atau bekas makanan dan minuman.

Jika noda seperti ini ada hendaknya bagian ini dibersihkan terlebih dahulu sebelum dilakukan pencucian total. Jika perlu dilakukan perawatan khusus seperti noda darah dapat anda rendam dulu dengan air dingin sedangkan noda berminyak bisa dengan menggunakan bahan kimia penghilang lemak. Jangan lupa jika anda menemukan noda segera untuk dibersihkan sebelum noda tersebut menempel lebih kuat dan tentunya jadi semakin sulit hilangnya.

Jika bedcover anda memiliki permukaan yang tipis maka hindarilah penggunaan pemutih dan penjemurannya pun jangan langsung terkena cahaya matahari cukup diangin anginkan saja. Bedcover tidak boleh direndam dalam larutan detergen terlalu lama untuk menghindari rusaknya serat kain. Pastikan bedcover benar benar sudah kering sebelum diangkat agar tidak timbul bau apek, kerena boleh jadi pada kainnya sudah kering tapi dacron di dalamnya belum benar benar kering.Pada saat menyetrika gunakanlah panas sedang saja, walaupun jadi lebih lama tapi panas yang berlebihan bisa merusak kain dan juga dacron pengisi bedcover.

Demikian Fresher, semoga informasi cara merawat bedcover kali ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *