Cara Merawat Gorden

Bagiamana Cara Merawat Gorden sehingga tetap awet dan tidak mudah rusak ?
Untuk merawat gorden sebenarnya sangatlah mudah, namun biasanya kita selalu mengabaikannya denga jarang membersihkan dan mencuci gorden. Sehingga debu dan kotoran akan menumpuk dan menimbulkan kuman dan bau apek. Terkadang gorden juga mudah sekali timbul jamur. Untuk cara merawat gorden ikuti informasi ini selengkapnya.

Jadwal Pencucian Gorden
Bingung berapa kali idealnya mencuci gorden? Terlalu sering mencuci gorden selain ribet saat melepas dan memasangnya kembali, juga bisa membuat warna gorden jadi cepat pudar. Sebenarnya cukup kok, mencuci gorden dengan jarak 3 bulan dari atau ke pencucian berikutnya. Jadi dalam setahun kita hanya perlu mencuci gorden sebanyak 4 kali, lho. Tuh kan, ga serepot yang dibayangkan, ya?

Lihat Jenis Bahannya
Perhatikan tag wash atau keterangan lain yang tercantum pada kemasan waktu pertama kali membeli gorden. Ada gorden yang bisa dicuci dengan bantuan mesin cuci atau harus dicuci dengan tangan agar tidak merusak bahan atau lebih aman dikirim ke laundry karena detil yang rumit seperti lipitan pada gorden atau bahan yang mudah rusak seperti sutra, rayon atau wol misalnya.

Bersihkan Kotoran dan Debu
Untuk meringankan pekerjaan kita saat membersihkan gorden, sebaiknya gunakan bantuan vacuum cleaner sebelum dicuci. Bersihkan gorden dengan menggerakan vacuum cleaner yang mengarah dari atas ke bawah. Jangan bingung kalau tidak punya vaccum cleaner, karena kita juga bisa menggunakan kemoceng atau lap basah.

Cara Mencuci
Langkah selanjutnya adalah dengan mencuci gorden baik dengan mesin cuci atau cara manual, alias dicuci dengan tangan. Kalau mau menggunakan mesin cuci, sebaiknya pisahkan gorden dengan pakaian agar tidak terkena lunturan dari pakaian berwarna. Lagi pula kalau dicuci tersendiri juga membuat tabung lebih leluasa berputar, tidak tersendat, karena terlalu banyak bahan yang dicuci.

Penjemuran
Agar warrna gorden tidak pudar, sebaiknya jangan terkena sinar matahari langsung saat menjemur. Jangan lupa untuk memerhatikan detail pada gorden (misalnya saja surai atau renda) dengan menjepitnya saat menjemurnya agar bentuknya tidak berubah ketika kembali dipasang.

Penyemprotan Pewangi Laundry atau Parfum Laundry
Setelah benar-benar kering semprotkan parfum laundry atau pewangi laundry merata di gorden Anda, sehingga tidak mudah apek dan berbau.

Demikian Fresher, semoga informasi cara merawat gorden ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kita semua.

Cara Merawat Gorden - Pewangi Laundry

Cara Merawat Gorden – Pewangi Laundry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *