Cara Merawat Handuk Agar Tidak Berjamur

Cara Merawat Handuk Agar Tidak Berjamur

Cara Merawat Handuk Agar Tidak Berjamur

Cara Merawat Handuk Agar Tidak Berjamur
Fungsi handuk adalah untuk mengeringkan badan kita saat setelah mandi atau berkatifitas seperti olahraga. Bahan handuk biasanya sangat menyerap air atau keringat, handuk yang tebal maka akan lama keringnya jika tidak segera di jemur atau diangin-anginkan. Handuk yang belum kering akan menimbulkan bau tidak enak atau apek dan sering kali tumbuh jamur. Jika kita sering mengabaikan kondisi handuk basah atau lembab maka dikawatirkan akan menimbulkan kuman dan bakteri yang akan menempel juga di badan kita setelah menggunakan handuk yang kotor akibat bau tidak enak, jamur dan bakteri. Nah bagaimana caranya merawat handuk agar tidak berjamur, dan timbul bakteri? Berikut kami akan bagikan tips cara merawat handuk untuk Fresher semua, semoga bermanfaat.

Ini dia tips cara merawat handuk :
1. Perubahan warna menjadi kusam/hitam dan ditumbuhin jamur, itu terjadi karena masih ada kotoran atau noda pada handuk, maka proses pencucian agar dilakukan secara rutin dengan menggunakan air hangat dan detergen serta cairan pelembut.
2. Penjemuran perlu diperhatikan, agar pengeringan berjalan baik dan cepat kering, jemurlah handuk luar ruangan secara melintang pada tempat jemuran dan diusahakan mendapat sinar matahari secara sempurna. Proses penjemuran didalam ruangan perlu dihindari karena akan meningkatkan kelemban handuk.
3. Kebiasaan menggantung handuk dikamar mandi terlalu lama harus dihindari karena handuk akan menjadi lembab dan berjamur.
4. Rendamlah handuk secara terpisah dari cucian yang lain. Seperti telah saya tulis diatas, handuk memiliki karakteristik yang berbeda dengan kain pada umumnya dimana handuk di design untuk menyerap air dan cenderung lebih tebal maka harus diperlakukan secara khusus jangan sampai kotoran pada cucian yang lain menempel pada handuk.
5. Apabila handuk yang telah dicuci kering secara sempurna, dan gunakan pewangi handuk yang tidak keras kemudian lipatlah dan simpan pada tempatnya, namun perlu diperhatikan, jangan disetrika karena akan membuat serat-serat handuk menjadi cepat tipis.
6. Ada baiknya memiliki handuk cadangan dan dipakai bergantian secara rutin misalnya seminggu 2x atau seminggu 1 x agar kita menggunakan handuk yang lebih kering karena adanya proses pergantian handuk yang lebih teratur.

Demikian tips-tips cara perawatan handuk agar tidak apek, berjamur dan tumbuh bakteri, mudah-mudahan tips kali ini bermanfaat, simak juga tips menarik lainnya hanya di pewangilaundry.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *