Cara Perawatan Jas Yang Benar

Cara Perawatan Jas Yang Benar
Jas merupakan pakaian yang sering digunakan dalam acara-acara resmi atau acara tertentu. Jas yang nyaman saat digunakan adalah jas yang terbuat dari bahan yang berkualitas. Namun jas memang sedikit beda dengan pakaian lainnya yang dari segi cara perawatannya. Terus bagaimana cara mencuci jas? , bagaimana cara perawatan jas yang benar? Cara perawatan jas yang benar itu tidaklah sulit sebenarnya, kita hanya saja terkadang malas untuk melakukannya. Agar jas kesayanganmu tetap bersih dan terlihat seperti baru lagi Anda harus mengatahui bagaimana cara perawatan jas yang benar.

1. Cara Mencuci Jas Yang Benar

Cara Mencuci Jas

                     Cara Mencuci Jas

Berhati-hati saat mencuci jas, beberapa jenis kain tidak tahan dengan sabun detergen sembarangan. Untuk hasil yang baik, mungkin sebaiknya jas anda dicuci dilaundry. Ini dikarenakan mereka menggunakan teknik dry clean supaya komponen bahan dan jenis kainya tidak mengalami kerusakan, khususnya seperti jas yang berbahan jenis kain woll. Namun untuk jas yang berbahan kain biasa seperti safari atau katun biasa maka anda tidak harus memperlakukannya secara khusus ketika pencucian. Jas yang berbahan safari atau katun boleh dicuci memakai detergen, hanya jangan direndam terlalu lama karena warna kain lama-kelamaan akan pudar dan rusak. Lalu sebenarnya apa saja cara pencucian jas itu? Proses pencucian untuk semua jenis pakaian ada dua, yaitu wet-cleaning (pencucian dengan menggunakan air) dan dry-cleaning (pencucian menggunakan cairan kimia/pengganti air). Disinilah banyak orang salah dalam penentuan proses pencucian. Pakaian berbahan wool tidak dapat dicuci dengan air biasa namun harus menggunakan teknik dry-cleaning. Ini dikarenakan pencucian dengan air biasa akan membuat jas mengkerut dan berubah bentuk. Jadi, inilah pentingnya menggetahui jenis bahan pembuat jas anda sebelum anda mencucinya.

2. Cara Menyetrika Jas Yang Benar

Cara Menyetrika Jas

                    Cara Menyetrika Jas

Dalam menyetrika jas juga diperlukan teknik khusus. Karena bahan jas yang tebal kadang tidak mudah halus ketika disetrika. Sebaiknya ketika anda mau menyetrika jas upayakan dalam keadaan lembab, namun tidak terlalu basah. Bisa juga ketika jas sudah begitu kering. Selain itu, ketika menyetrika anda juga bisa menyemprotkan air pada permukaan kainya. Usahakan ketika anda menyetrika jangan terlalu lama menempelkan permukaan setrika pada bagian jas yang sama. Karena dikawatirkan dapat menimbulkan bekas pada kain jas anda, apa lagi jas yang berbahan woll, bahan ini sangat sensitif pada panas, utamanya setrika. Lebih baik saat anda menyetrika berilah kain diatas jas anda. Ini memang merepotkan tapi cukup berguna. Namun, jika anda mempunyai setrika uap, ini bisa menajdi alternatif yang sangat baik untuk jas dengan bahan kain woll. Setrika uap akan memberikan panas yang pas dan tentunya ini akan membuat pekerjaan menyetrika anda menjadi lebih cepat dari biasanya

3. Cara Menyimpan Jas Yang Benar

Cara Menyimpan Jas

Cara Menyimpan Jas

Setelah menyetrika jas sebaiknya jangan anda lipat. Pola lipatannya akan memberikan kesan yang tidak nyaman dilihat, dan jenis pakaian ini merupakan jenis yang paling jarang dilipat. Nah, maka dari itu, untuk mengantisipasi hal yang tidak baik seperti bakteri dan jamur, maka kami anjurkan untuk menggantungnya di lemari gantungan. Untuk penyimpanan jas yang baik, pastikan anda menggunakan hanger atau gantungan yang dilaipsi oleh plastic pada bagian luarnya. Hal ini akan mengantisipasi jamur, menghindari ngengat serta menjaga kelembaban kain.

Semoga informasi cara merawat jas atau cara perawatan jas yang benar ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kita semua.

Sumber : goo.gl/OerXZg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *