Hati-hati dengan Cairan Pewangi

Produk- produk pewangi pakaian banyak sekali kita temukan dipasaran, sering kali kita manfaatkan untuk mengharumkan pakaian setelah mencuci. Pakaian akan harum dan segar setelah direndam dalam larutan tersebut. Namun dibalik manfaat dari cairan pewangi deterjen tersebut, perlu kita waspadai akan bahaya yang dapat timbul terutama bagi kalangan anak-anak, maka dari itu hendaknya letakkan cairan tersebut jauh dari jangkauan anak-anak.

Pada cairan pewangi atau detergen terdapat senyawa quaternary ammonium chloride yang merupakan bahan kimia yang banyak digunakan pada produk detergen dan bersifat bakteriostatik. Mekanisme toksisitas dari bahan tersebut yaitu menyebabkan iritasi pada jaringan karena sifatnya yang mengendapkan dan mendenaturasi protein serta bersifat keratolitik dan korosif.

Gejala keracunan quaternary ammonium chloride dapat timbul bervariasi. Gejala yang mungkin timbul dapat berupa iritasi kulit/dermatitis, sakit kepala, pusing, mual, dan iritasi mukosa pada saluran cerna, iritasi mata, . Efek sistemik dapat berupa penurunan tekanan darah, asidosis metabolik, hipoksia, seizure, depresi susunan saraf pusat, efek hepatik, edema paru-paru, dan kelumpuhan sistem pernapasan.

Pertolongan pertama yang dapat dilakukan jika terjadi keracunan quaternary ammonium chloride adalah:

1. Bila kontak langsung dengan mata
Bilas segera dengan air hangat atau larutan garam fisiologis selama kurang lebih 15 menit dengan sesekali membuka kelopak mata atas dan bawah sampai dipastikan tidak ada lagi bahan kimia yang tertinggal. Anestesitopikal mungkin diperlukan pada beberapa pasien, terutama anak-anak.

2. Bila kontak dengan kulit
lepaskan pakaian atau perhiasan yang terkontaminasi oleh bahan. Segera basuh daerah yang terkontaminasi dengan air hingga kontaminan hilang.

3. Bila terhirup:
Pindahkan pasien dari tempat paparan. Jika gejala keracunan seperti napas pendek terjadi, berikan oksigen jika diperlukan.

4. Bila tertelan
Berikan air minum atau susu dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Jika terjadi diare dan muntah yang hebat segera dapatkan pertolongan medis/bawa ke dokter.

Hati -hati dengan Pewangi Pakaian

Semoga artikel tersebut bermanfaat, jangan lupa pakai produk pewangi freshlab karena ramah lingkungan dan tidak mengandung alkohol..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *