Ide-Ide Kreatif Bisnis Laundry

Sebagaimana bisnis lain pada umumnya, usaha laundry juga butuh promosi. Pasang iklan, sebar brosur, distribusi kupon diskon, adalah bagian dari cara-cara promosi yang sering dilakukan. Sebagian tidak menggunakan cara tersebut, tapi langsung saja membuka dan membiarkan orang lain tahu dengan sendirinya. Saat ini memang bisnis cuci mencuci pakaian hampir mirip dengan bisnis sembako yang tidak perlu promosi khusus. Namun di tengah persaingan yang semakin ketat, harus ada Ide-ide Kreatif Bisnis Laundry agar menarik perhatian calon konsumen.

Berikut ini cara-cara promosi kreatif yang bisa Anda terapkan pada usaha Anda:
By one get one
Ini sebenarnya cocok untuk bisnis ritel, namun tidak ada salahnya dicoba pada usaha laundry. Misalnya, konsumen yang baru pertama kali mencuci pakaiannya diberikan kartu anggota. Lalu ketika dia berhasil mengajak teman atau tetangganya menjadi member laundry Anda, maka ia berhak mendapatkan gratis mencuci satu kilo baju. Demikian pula bisa temannya tersebut mengajak temannya lagi. Memang terlihat akan “rugi” karena menggratiskan satu kilo, tapi yang namanya promosi, Anda harus menyiapkan anggaran khusus serta berani mengambil marjin yang kecil.

Diskon Ulang Tahun
Ini umumnya sering diberikan oleh restoran kepada tamu-tamu yang berulang tahun pada hari itu. Anda pun bisa melakukannya juga. Tapi jangan sekedar diskon yang angkanya Anda tetapkan, tapi berdasarkan jumlah umurnya. Misalnya salah satu pelanggan Anda menginjak usia 34 tahun, maka berikan diskon sebesar 34 persen. Ada yang berumur 70 tahun, maka diskonnya pun 70 tahun. Demikian seterusnya. Ini akan menjadi trademark unik dari bisnis laundry Anda.

Gratis Nama
Mirip dengan restoran Lele Lela yang selalu memberikan menu gratis bagi mereka yang bernama Lela, Anda juga bisa memberikan servis yang sama. Tapi tentu lebih tematik. Contohnya, bulan ini Anda akan memberikan diskon bagi pelanggan yang bernama Budi. Bulan depan yang bernama Yanti. Bulan berikutnya Yoga. Dan berikan juga diskon harga yang besar bagi yang punya nama unik. Misalnya yang namanya Jokowi akan diberi potongan sampai 70 persen. Pokoknya carilah nama-nama yang umum serta unik. Ini bisa menciptakan word of mouth di kalangan konsumen terhadap bisnis Anda.

Apps
Ini memang butuh modal yang agak besar tapi berdampak jangka panjang. Anda bisa meminta bantuan vendor profesional untuk membuatkan aplikasi android agar bisnis Anda mudah diakses. Aplikasi ini tujuannya agar orang yang ingin pakaiannya dijemput dan ingin mengetahui statusnya bisa memantau dari mobile phone-nya. Mirip dengan aplikasi Gojek sebenarnya. Sejauh pemantauan, hingga saat ini belum ada usaha laundry yang seperti ini.

Moment
Memanfaatkan momentum-momentum khusus bisa juga sebagai bagian dari strategi promosi. Ambil contoh Hari Ibu tanggal 22 Desember. Lebih dari sekedar diskon, mengapa Anda tidak memberikan spesial gift untuk member Anda agar diberikan pada ibunya masing-masing? Misalnya yang mencuci lebih dari tiga kilo pada tanggal tersebut berhak mendapatkan hadiah cantik yang bisa diberikan pada ibunya. Kalau perlu, hadiah tersebut diantarkan oleh tim Anda sendiri ke penerimanya. Ini akan menimbulkan experiental marketing yang menggugah emosi bagi penerimanya.

Ide-ide di atas tentu saja bisa Anda kembangkan sendiri sebagai seorang pengusaha. Ukurlah promosi Anda dengan pertumbuhan omset, apakah ada peningkatan atau tidak. Jika key performance indicator-nya bukan omset melainkan jumlah pelanggan baru, maka ukur juga antara biaya promosi dengan peningkatan membership. Dengan menganalisis data tersebut Anda bisa menciptakan promosi lain yang lebih kreatif dan impactfull.

Selamat berpromosi, semoga barokah. Salam freshlab ( pewangi laundry terpercaya by simplyfresh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *