Ini Caranya Agar Bisnis Lebih Menyenangkan

Ini Caranya Agar Bisnis Lebih Menyenangkan Agar Bisnis Anda Bermanfaat Untuk Semua
Bisnis itu tak hanya sekedar pekerjaan yang menghasilkan uang, keuntungan berbisnis dan selalu menang dalam persaingan usaha. Namun bisnis merupakan Ibadah bila dilakukan dengan cara dan peraturan yang baik bagi pemilik usaha dan karyawannya. Agar bisnis lebih menyenangkan seharusnya kita sebagai pemilik usaha tidak perlu selalu menekankan berbagai peraturan yang akan membuat bosan karyawannya. Terus bagaimana agar bisnis lebih menyenangkan menurut pakar bisnis Lien ? Mau tau Fresher, Bisnis lebih menyenangkan ini caranya.

1. JANGAN TERLALU SERIUS

Tentu saja bisnis kita adalah hal yang penting. Namun, bisnis adalah dimana Anda menghasilkan uang dan menafkahi keluarga serta menggaji karyawan. Tapi ini hanyalah bisnis, bukan kehidupan seperti yang diyakini banyak orang. Jangan terjebak pada pemikiran bahwa semua hal adalah penting. Kehidupan lebih dari sekedar bisnis. Buatlah bisnis berjalan pada perspektif yang telah ditetapkan, sehingga Anda dan tim akan lebih bisa menikmatinya.

2. TERSENYUM DAN SAPA

Hal yang sangat sederhana bukan? Tapi hanya sedikit orang yang bersedia melakukannya. Coba dan lihat jika hal sederhana tersebut dapat membuat Anda merasa lebih baik, lebih menyenangkan. Dan itu akan membuat bisnis lebih menyenangkan bagi Anda dan orang-orang di sekitar Anda .

3. LEPASKAN STRESS

Belajar melepaskan stress saat ritme bisnis semakin padat. Berjalan-jalan di taman menikmati udara segar, bercakap-cakap dengan teman, dan bersilaturahmi. Lepaskan semua beban tekanan yang ada. Ini tidak hanya membuat bisnis Anda lebih menyenangkan, tapi juga membuat Anda menjadi semakin sehat.

4.FOKUS PADA ORANG DAN HUBUNGAN BAIK

Membangun hubungan dengan anggota tim, klien, dan kolega. Dengan demikian akan membuat bisnis terasa seperti kebersamaan informal dengan teman daripada kerja. Luangkan waktu untuk berbicang hal-hal ringan diluar kerja. Berbagi cerita hidup, mengenal dengan baik orang-orang yang bekerja dengan Anda. Ingatlah bahwa orang-orang dalam kehidupan Anda selalu lebih penting daripada bottom line bisnis Anda.

5. CIPTAKAN HAL YANG MENYENANGKAN

Adanya jokes di tempat kerja akan membuat tempat kerja menjadi lebih menyenangkan. Cari sisi humor dari kesalahan yang terjadi. Berbagi jokes yang tepat di saat yang tepat pula.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Hardiness Research di Univesity of Chicago, menyatakan perlunya interaksi sosial yang dapat membuat karyawan merasa menjadi bagian yang penting di perusahaan. Dengan adanya interaksi ini akan meningkatkan kesediaan mereka untuk terbuka, jujur, dan bisa merasakan suka dan duka yang dialami rekannya (dan juga perusahaan). Hal lain yang patut diingat adalah ketika Anda bekerja dengan seseorang yang memiliki selera humor, maka Anda akan merasa tercerahkan, merasa lebih bahagia, dan merasakan kepuasan dari hasil kerja Anda. Hasilnya, tanpa Anda mintapun, produktivitas akan meningkat.

“ Mengabaikan humor sebagai bagian penting dari bisnis akan mengakibatkan 1) tingkat stress kerja yang tinggi, 2) komunikasi yang buruk, 3)moral yang rendah, 4) ketidakhadiran/mangkir, 5) turn over tenaga kerja yang tinggi, 6) produktivitas yang buruk, 7) dan layanan produk dan jasa yang rendah (Humor: The Fun Side of Business, James Poon Teng Fatt, 1998).

Ini Caranya Agar Bisnis Lebih Menyenangkan

                                        Suasana Santai dan Menyenangkan di Kantor Google

Teori X dan Y Douglas McGregor

Teori ini menjelaskan mengenai humor dan fun di bisnis dan tempat kerja.
Apa saja keuntungannya?

1) Meningkatkan kemampuan dalam menangani absurditas dalam organisasi bisnis
2) Mengurangi tekanan, amarah, dan kekesalan yang seringkali menganggu
3) Membantu memecahkan masalah
4) Menunjukkan sisi lain dari para kerja, menunjukkan sisi humanis mereka daripada sebagai mesin kerja.
5) Menciptakan personalisasi di lingkungan kerja, dan menciptakan perasaan “seperti di rumah” di tempat kerja mereka. .
6) Meningkatkan semangat dan energi
7) Meningkatkan motivasi
8) Merangsang kreatifitas (hasilnya akan meningkatkan kinerja dalam melakukan tugasnya).
9) Menciptakan kerja tim yang semakin kompak (dengan kemungkinan dapat membantu orang lain dan ada yang men-support kita)
10) Membantu menetapkan pengertian yang lebih baik antar pekerja yang meningkatkan komunikasi dan toleransi terhadap perbedaan.

Lakukan yang terbaik untuk bisnis Anda. Orang akan melihat bahwa Anda tidak hanya selalu serius, bekerja keras, dan fokus, tapi juga tahu kapan dan bagaimana melepaskan semua tekanan dan membuat bisnis menjadi lebih menyenangkan.
Demikian Fresher, semoga informasi Ini Caranya Agar Bisnis Lebih Menyenangkan bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kita semua sebagai pemilik usaha dan karyawan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *