Keahlian Yang Penting Bagi Pebisnis Online

Bisnis online kini memang telah menjadi magnet tersendiri bagi para pengusaha. Banyak pegusaha offline pun kini mulai mencoba peruntungannya masuk kedunia tersebut.

Sayangnya hal tersebut tidak dibarengi dengan skill yang memadai, Maka yang terjadi tak sedikit diantara mereka yang kebingungan saat mengetahui bisnis onlinenya tidak menunjukkan hasil yang diharapkan. Lalu seperti apakah keahlian atau skill yang seharusnya dimiliki oleh seorang pebisnis online?

1.Keahlian Bidang IT
Keahlian pertama yang harus dimiliki dan dikuasai para pebisnis online adalah mengoperasikan teknologi. Skill teknologi yang harus dikuasai ini tidak bersifat keseluruhan, tapi setidaknya kita menguasai keahlian dasar seperti internet, blogging, komputer dasar dan smartphone serta aplikasinya. Memang kita bisa mempekerjakan orang lainuntuk membantu akan tetapi janganlah kita selalu mengandalkan mereka. Kita harus mau belajar sendiri setidaknya mengenai dasar-dasarnya saja.

2.Keahlian Komunikasi Online
Meski bisnis online tidak mempertemukan kita dengan pembeli secara langsung, tetapi tetap saja keahlian dan kemampuan ber komunikasi harus kita kuasai.
keahlian utama dan terpenting dalam komunikasi online yang semestinya lebih diperhatikan adalah kepandaian dan kecakapan untuk membalas atau menanggapi pertanyaan konsumen dan juga kesabaran kita dalam menjawab beberapa permintaan mereka. Intinya komunikasi yang baik akan menjadi kunci bagi kita yang ingin terjun ke dunia bisnis online.

3.Keahlian Men-Display Produk
Bisnis online yang berjalan pada dunia maya atau online berfokus pada indra pengelihatan yaitu mata. Layar kaca pada laptop dan smartphone memang hanya diamati dengan indera penglihatan dari pada indera yang lain. Buatlah semenarik mungkin agar barang yang kita jual setidaknya dilirik terlebih dahulu. Untuk mewujudkan hal ini adalah dengan menguasai teknik display produk.
Jika display toko online kita menarik dan enak dipandang mata, maka bukan tidak mungkin pengunjung akan datang dengan ramai.

4.Keahlian Kreativitas Online
Skill terakhir yang harus kita miliki sebagai pebisnis online adalah kreativitas. Berkreativitaslah tanpa batas, Kreativitas dalam bisnis online bisa berwujud kemampuan mengedit foto produk, mendesain halaman website, media sosial, hingga pemasaran.
Dalam pemasaran online kita juga perlu kreativitas karena hal ini akan berdampak pada keunikan brand dan keunggulan produk yang kita pasarkan.
Kita bisa saja mengikuti strategi marketing toko online pesaing, namun ingat pengemasan kata-kata dan penyampaianya bisa kita modifikasi agar produk dan brand kita bisa memiliki keunikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *