Kesalahan Pembisnis Pemula

Dalam berbisnis pastinya kita harus mempelajari berbagai hal baru yang tentunya akan berpengaruh pada kelangsungan bisnis yang nantinya akan dijalankan. Namun bagaimana jika kita belum mengetahui berbagai hal dalam berbisnis tapi sudah terjun dalam dunia bisnis? Maka sebaiknya bersiap untuk kemungkinan terjatuh saat sedang berbisnis. Hal ini adalah hal yang biasa terjadi terutama bagi para pemula yang belum mengerti apapun dalam berbisnis. Bisnis adalah hal yang sangat sensitif apalagi bila mulai terjun dalam sebuah persaingan antar pebisnis lainnya. Namun hal yang seperti ini sebaiknya jangan dibawa terlalu serius karena akan membuat pusing serta kebingungan terutama bagi pemula. Untuk menyiasatinya harus ada pembelajaran tentang pemahaman bisnis sebelum terjun langsung dalam dunia usaha.

Berikut ini 5 kesalahan pebisnis pemula:
1. Tidak adanya visi dan misi
Dalam sebuah usaha sangat dianjurkan untuk membuat sebuah visi dan misi agar dapat tercipta semangat untuk mencapainya. Visi dan misi harus dibuat dengan baik dan tentunya tidak perlu rumit karena akan berpengaruh pada seberapa kerasnya Anda dalam meraih tujuan Anda dalam berbisnis. Dalam hal ini sebaiknya tentukan tujuan Anda dan kemudian raihlah tujuan tersebut dengan kerja keras serta tekat yang bulat. Dengan adanya visi dan misi yang telah ditentukan maka perjalanan bisnis Anda akan menjadi lebih terarah dan tentunya memiliki tujuan yang seperti ditentukan sebelumnya. Sebuah usaha haruslah memiliki tujuan agar tidak sia-sia.

2. Ambisius berlebihan
Dalam menjalankan sebuah usaha penting dalam memiliki sebuah rasa ambisius terhadap usaha tersebut namun akan sangat mengecewakan hasilnya bila ambisius itu berujung pada keinginan memperbesar sebuah bisnis dalam jangka waktu yang cukup singkat. Hal ini hanya akan membuat tenaga serta kerja keras Anda terbuang sia-sia. Karena segala sesuatu tidak dapat diraih dalam waktu singkat melainkan membutuhkan perjuangan serta usaha yang keras untuk dapat meraihnya.

3. Pengelolaan keuangan yang buruk
Pengelolaan keuangan yang buruk akan berdampak pada sistem bisnis yang dijalankan. Sebaiknya jangan mementingkan rekening pribadi melainkan juga seimbangi dengan rekening bisnis yang dijalankan agar semakin cepat membuat sebuah investasi disektor lain.

4. Kurang fokus
Dalam berbisnis kita harus serius dan harus fokus pada apa yang kita jalankan serta tentunya dibutuhkan sebuah tindakan konsisten untuk menjadikan bisnis menjadi lebih berfungsi dengan baik. Dengan menyepelekan bisnis yang telah dijalankan hanya karena rasa bosan yang datang sejenak maka akan dengan sangat cepat bisnis akan mengalami kemunduran.

5. Kurangnya pendekatan pada pelanggan
Dalam bisnis pastilah ada yang namanya konsumen dan produsen. Untuk mendapatkan banyak pelanggan pastinya kita harus mengatur sikap kita terhadap pelanggan. Dengan mengambil hati pelanggan tentunya kita akan mendapat respons positif. Namun bila kita sendiri kurang merespons pelanggan tentunya konsumen akan berpikir ulang untuk berbisnis dengan Anda.
Bagi pemula sebaiknya mempelajari terlebih dahulu seperti apa yang harus dilakukan dan apa saja yang tidak boleh dilakukan. Hal ini dikarenakan untuk menutupi kemungkinan terjadinya kegagalan bisnis bagi Anda yang masih pemula dalam menjalankannya. Dalam bisnis harus berhati-hati karena bila salah sedikit maka akan sangat sulit untuk memperbaikinya seperti semula lagi. Hanya ada satu tujuan bagi para pebisnis yaitu maju dan sukses dengan bisnis yang dijalankannya. Hal ini tentu saja dapat dijadikan sebagai motivasi untuk terus berusaha dalam membangun kesuksesan yang diinginkan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *