Masalah Bisnis Laundry dan Solusinya

Bisnis laundry memang asyik. Peluang usahanya juga terlihat cerah. Banyak yang sudah sukses di bisnis ini. Meski demikian bukan berarti bisnis ini mendatar dan untung setiap hari. Setidaknya ada halangan yang harus kita atasi dengan kreatif untuk membuat anda tetap fokus memperbesar usaha.

Rintangan Bisnis Laundry
1. Kompetitor
Dikarenakan peluang usaha laundry makin bagus. Untungnya juga oke. Maka bisnis ini makin menarik saja. Ada ibu rumah tangga yang membuka bisnis ini, ada pula pasangan suami istri, CV kecil-kecil juga membukanya. Bahkan belakangan perusahaan besar pun sudah masuk bisnis ini seperti 5ASEC pun sudah masuk di Indonesia.
Kompetitor adalah guru anda. Berpikirlah kreatif agar anda bisa bertahan, lihat strategi yang dibuat kompetitor lalu analisis hasilnya. Lakukan lah yang lebih baik daripada para kompetitor anda.

2. Pelanggan ingin pengerjaan cepat
Nah untuk yang satu ini anda perlu melakukan strategi harga. Untuk laundry harga normal, lama pengerjaan adalah 3 hari. Sedangkan untuk paket ekspres adalah 1 hari. Tentu saja anda memberikan harga yang lebih maha untuk paket ekspres.

3. Masyarakat memiliki mesin cuci
Masyarakat memang memiliki mesin cuci, namun mereka tidak memiliki banyak waktu untuk menyetrika. Anda bisa menawarkan jasa setrika untuk masyarakat.
Sebenarnya masalah ini bisa diatasi dengan memilih lokasi yang tepat. Pilihlah lokasi di sekitar kos-kosan atau kontrakan karyawan atau mahasiswa, bukan di sekitar rumah tinggal yang menetap.

4. Biaya perawatan mesin laundry
Pilihlah mesin cuci yang bagus dan produk asli jika tidak menginginkan terlalu banyak perbaikan.
Anda juga bisa mempelajari cara memperbaiki mesin cuci sendiri. Ini akan sangat menghemat, apalagi jika anda berhasil membagi ilmu tersebut ke karyawan

5. Mengatur karyawan
Mengatur karyawan memang terkadang rumit. Cara yang paling bagus untuk mengatur mereka adalah memberikan deskripsi pekerjaan yang jelas. Anda juga harus memberikan harapan bahwa mereka bisa membiayai hidupnya dari usaha laundry anda.

6. Limbah dan lingkungan
Apabila anda membuka usaha laundry di sekitar rumah tinggal warga yang menggunakan air tanah maka anda perlu memperhatikan limbah anda. Lebih-lebih jika air tanah milik warga sangat dangkal, seperti di gunung kidul dan solo.
Limbah sebaiknya diendapkan dulu agar tidak mengotori air tanah warga.
Cara yang paling ampuh adalah memindah lokasi usaha.

Namun jika anda memilih untuk bertahan di lokasi tersebut karena peluang usaha laundry sangat cerah di tempat tersebut, maka anda harus menyiapkan (sedikitnya) tiga hal ini :
1. NPWP (nomor pokok wajib pajak) Usahawan dan silahkan membayar pajak setiap bulan
2. Ijin Mendirikan Bangunan
3. Ijin Gangguan

Semoga artikel diatas bermanfaat, salam freshlab. Pewangi Laundry terpercaya by Simplyfresh laundry 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *