Pengertian Usaha Laundry

Pengertian Usaha Laundry

Pengertian Usaha Laundry

Pengertian Usaha Laundry
Laundry atau Binatu adalah fasilitas di mana pakaian dicuci dan dikeringkan. Binatu biasa menggunakan mesin cuci otomatis yang disebut sebagai laundromat atau merk dagang umum. Dengan perkembangan model busana dan aneka pernak perniknya, misalnya jenis-jenis pakaian yang memiliki banyak motif yang tidak mudah untuk mencuci sendiri dan berbagai jenis perlengkapan lainnya seperti pelayanan cuci handuk, cuci sepatu, cuci selimut, cuci badcover, cuci bonea, cuci tas dan lain-lain. Dengan perkembangan kain serta modelnya maka pencucian dan perawatanya menjadi sulit, disinilah jasa laundry mulai diperlukan dan saat ini perkembangan usaha laundry semakin maju.

Jasa laundry bukan hanya sekedar tempat mencuci melainkan sebagai tempat perawatan pakaian agar lebih bersih dan awet, dan factor serba instant serta praktis menjadi trend bagi masyarakat saat ini.
Begitu pentingnya keberadaan laundry saat ini maka bisnis ini begitu berkembang pesat. Kalau jaman dulu jasa laundry masih dikelola oleh kebanyakan dihotel hotel tapi saat ini baik kalangan bermodal atau masyarakat umum mulai memanfaatkan jasa laundry.

Tahap-Tahapan Laundry

Mengerjakan segala sesuatu harus melalui tahapan-tahapan yang benar. Tidak bisa tahap akhir dikerjakan di awal pekerjaan. Begitupun sebaliknya. Dalam hal laundry tahapan itu menjadi prosedur baku yang harus dilewati. Ada delapan langkah laundry yang wajib ditaati. Misalnya saja tahap pengambilan bahan yang akan dicuci, pemisahan, tahap pencucian, tahap pengeringan, atau tahap pressing.

Pengertian Kotoran di Laundry

Kotoran (Dirt) adalah benda yang tidak diharapkan pada textile atau permukaan lainya. Kotoran ini biasanya terdiri dari gabungan beberapa komponen, tergantung dari jenis dan pemakaian dari kain tsb, misalnya…

Tentang Dryclean (Cuci Kering)

Dry cleaning adalah proses mencuci dengan menggunakan solven, bukan air.

Meningkatkan Produksi Jasa Laundry

Operasional laundry tidak hanya menghasilkan cucian bersih, harum serta lipatan yang rapi. Tetapi juga harus menjaga keuntungan dengan cara mengontrol biaya operasional dan produksi cucian yang maksimal. Cakupan operasional laundry di industri dan komersil yang cukup luas, jasa ini bisa dinikmati oleh pengguna secara langsung (karyawan) dari berbagai instansi seperti pabrik-pabik, catering, kalangan entertainment, Rumah Sakit, pelayanan kesehatan, dll. Khususnya disegmen rumah sakit atau pelayanan medik lainya penanganan cucian seperti sprei, handuk, selimut, pakaian bedah dan bayi serta linen yang berpotensi terkontaminasi cukup beresiko tinggi. Sementara disegmen non rumah sakit biasanya resiko pencemaran tidak teridentifikasi. Seperti contoh; cucian dari hotel atau .

Segmen Utama Industri Laundry

Industri Laundry dapat dibagi menjadi beberapa segmen utama antara lain yaitu :

1. Laundry Komersial
Laundry komersial beroperasi sektor swasta dengan melayani cucian seperti:
– Hotels/Motels.
– Rumah Makan.
– Pengiriman dan pengangkutan.
– Domestik Atau Umum.
– Panti Jompo / Rumah Sakit / Klinik.
Produk yang dilayani meliputi:
Sprei dan sarung bantal, alas kasur (Bed Pad), Handuk, Selimut, rolling towel (handuk untuk lap), taplak meja dan napkin serta Pakaian pribadi.

2. Laundry Industrial
A. Laundry industrial beroperasi sektor swasta dan tekstil yang menangani cucian seperti:
– Pabrik-Pabrik dan sumber industri lain.
– Kantor, Supermarket, Toko eceran.
– Pusat pelayanan.
B. Produk yang dilayani meliputi:
– Pakaian pelindung, E.G. Baju kerja, Celemek, Seragam, Sarung tangan.
– Barang Keselamatan Leather/plastic yang mencakup sarung tangan, helm, debu mengendalikan keset, debu mengendalikan kain pel dan kain.
– Kain Tetesan pelukis.
– Lapisan tempat duduk [Kereta/Mobil]
– Kain lap/kain untuk pengepelan lantai.
Laundry komersial juga biasanya melayani “DRY CLEANING”

3. Laundry Rumah Sakit
A. Pelayanan cucian yang meliputi:
– Hospitals-Private, Publik dan memperluas fasilitas kepedulian.
– Klinik.
– Jasa mengenai gigi.
– Jasa Perawatan anak
– Panti Jompo.
– Institusi Kesehatan Mental.
– Pusat Pelayanan kesehatan umum.
B. Produk yang diproses biasanya meliputi berbagai material yang mencakup:
– Linen Bangsal umum.
– Seragam operasi.
– Kebutuhan Rumah sakit yang khusus.
– Organisir seragam.
– Pakaian pasien.
– Pakaian pasien pribadi.

4. Laundry Kelembagaan
Penatu kelembagaan beroperasi area seperti institusi sistem, tahanan rumah dan institusi kesehatan mental. Produk yang dilayani boleh meliputi materi itu terdapat di ‘ komersil’ dan’ rumah sakit’

5. Laundry On-Premises / Instansi Pribadi
On-Premises laundry yang biasanya beroperasi hotel/motel tersendiri, Industri, Rumah merawat / menyusu, dan rumah sakit pribadi dan industri pabrik. Laundry ini menyediakan suatu jasa / layanan untuk penggunaan internal mereka sendiri.

6. Laundry Koin
Laundry diaktifkan dengan koin adalah berbeda dengan segmen diatas, katagori ini biasanya dijalankan oleh perorangan atau instansi kecil seperti apartemen, rumah susun, mall mall.

Sekian Fresher, semoga artikel pengertian usaha laundry ini bisa bermanfaat untuk memantapkan usaha laundry kita kedepannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *