Strategi Meningkatkan Penjualan Via Offline

Strategi meningkatkan penjualan selanjutnya adalah melalui offline, dilain sisi masih banyak orang yang masih ragu untuk transaksi online atau lebih enjoy melakukan transaksi langsung secara face to face, maka pemasaran via offline itu sangat penting untuk dilakukan. Ada beberapa strategi nantinya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan.

Strategi ini saya dapatkan dari guru-guru saya, yaitu Ippho Santosa, Coach Dewa Eka Prayoga, dan Tung Desem Waringin:

1. Blusukan
Cara ini dapat Anda gunakan dengan mengadakan seminar GRATIS, baik itu Anda sebagai pembicara atau pihak penyelenggara (EO). Dengan demikian Anda dapat memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan, Selalu ingat dan pegang prinsip = “Sharing dulu, baru Selling kemudian”. Jika Anda belum bisa melakukannya (sebagai pembicara atau EO), minimal ikut menjadi peserta beberapa seminar dan bagikan kartu nama untuk mengenalkan produk atau jasa Anda.

2. Machine Gun
Machine gun adalah senjata andalan dari Rambo, senjata ini mengeluarkan beberapa pelurunya dengan sekali tembakan. Ada yang tepat sasaran dan ada juga yang melenceng dari target tembakan, itulah inti dari strategi ini. Bagaimana caranya? Yaitu dengan BROSUR.

Brosur adalah senjata yang kuno tetapi tetap terbukti untuk meningkatkan penjualan, perlu diingat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah brosur.

1. Membuat brosur dengan desain yang profesional, jangan sembarangan atau apa adanya dalam mendesain. Ketika desain Anda menarik, ada nilai dimata calon konsumen nantinya.

2. Buatlah sales latter yang powerfull, pada umumnya calon konsumen melihat penawaran mereka lebih memilih untuk defense/bertahan (maksudnya tidak ingin membeli). Defense itu dapat Anda robohkan melalui penawaran sales latter dengan cara, pastikan ada manfaat atau keuntungan apa yang didapat jika membeli produk, kemudian pastikan dengan adanya testimoni, dan terakhir jangan lupakan call to action. Mengapa call to action juga penting, ibaratnya begini: Anda telah mendesain secara profesional dan penawaran sales latter yang powerfull, tetapi tidak ada no atau kontak yang dihubungi, gimana? Hehe.. ya gak bakal ada peningkatan dalam penjualan, soalnya gak ada yang bisa dihubungi.

3. Narkoba
Bukan narkobanya yang akan dibahas, tetapi bagaimana tips marketing dahsyat yang menjadikan orang-orang ketagihan untuk mengkonsumsinya. Pertama diberi gratis atau bisa dengan harga sangat murah, lama-lama orang akan membelinya dengan harga mahal. Case study nya seperti ini, waktu itu saya berpindah memakai kartu untuk modem karena ada yang menawarkan harga murah dan kuota yang banyak serta sinyal yang kencang.

Banyak orang-orang yang berlomba-lomba untuk membelinya, tetapi tanpa sadar mereka telah bergantung kepada kartu tersebut, dan akhirnya harga kartu naik perlahan demi perlahan, apakah membuat omsetnya menurun? Tidak, karena pelanggan setianya telah kecanduan untuk terus membeli kartu tersebut.

4. Testimoni Foto Tokoh
Percayalah, ada pengaruhnya didalam strategi meningkatkan penjualan Anda. Tanpa disadari konsumen akan bergumam didalam hati, “Wah artis dan anggota dewan aja memakai produk ini, berarti bagus ni”. Ini akan menjadi nilai tersendiri bagi Anda, maka konsistensikanlah didalam mgnumpulkan para tokoh.

5. Now Or Never
Sekarang atau tidak dapat sama sekali, ini merupakan strategi meningkatkan penjualan yang efektif. Untuk mudahnya berikut beberapa contoh yang dapat Anda terapkan dibisnis:

>> Diskon hanya sampai jam 7 malam, lewat jam 7 harga akan naik.

>> Barang ini hanya ada sampai tanggal 23, lewat setelah itu penjualan ditutup.

>> Jika mengambil hari ini, akan mendapatkan diskon 25%

>> Kami tidak menjamin barang ini akan ada sampai besok, jangan sampai Anda kehabisan.

>> Dll

Dari gambaran diatas, mungkin ada gambaran mengenai strategi Now or Never ini. Tetapi perlu di ingat, komitmenlah didalam membuat keputusan, jika hanya memberi diskon sampai hari ini, maka besok tetapkan untuk naik dan jangan sampai memberi kesan bahwa diskon itu hanya sebagai tipuan. Tetapi buat menjadi benar-benar terjadi agar ada efek menyesal jika konsumen tidak membeli, ketika Anda menawarkan produk lain, maka konsumen akan berpikir cepat karena diskon ini benar-benar terbatas.

Kesimpulan
Demikian penjelasan mengenai strategi meningkatkan penjualan untuk bisnis Anda, sebenarnya masih banyak sekali strategi-strategi agar penjualan Anda meningkat secara drastis, tetapi jika dijelaskan pada artikel ini pasti akan sangat panjang pembahasannya. Anda dapat membaca buku dari pakar-pakar marketing yang ada. Perlu diingat, artikel strategi meningkatkan penjualan ini hanya berfokus untuk mendatangkan trafik ke toko atau website Anda, masih ada strategi agar merubah konsumen menjadi pelanggan setia, follow up, scale up, dll.

Semoga Bermanfaat & Salam Berbagi:)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *