Sukses Merencanakan Promosi Bisnis

Sukses Merencanakan Promosi Bisnis
Untuk mengembangkan suatu bisnis tak lepas dari usaha, Promosi itu adalah usaha untuk menginformasikan dan mempengaruhi target konsumen agar tertarik untuk melakukan pembelian produk barang atau jasa yang kita tawarkan.

Membangun Merek, Promosi mempunyai manfaat membangun “Brand Awareness”, meningkatkan brand airing di benak konsumen, membangun persepsi merek dan membangun positioning suatu produk. Meningkatkan penjualan, Promosi bertujuan meningkatkan penjualan secara terus menerus. Promosi sangat penting untuk bisnis karena tanpa promosi, penjualan tidak akan maksimal. Untuk memaksimalkan promosi maka ada 6 tahap yang bisa dilakukan UKM dalam melakukan promosi, sebagai berikut :

Menentukan Target Market
Tahap pertama ini berkaitan dengan penentuan STP (Segmenting, Targeting dan Positioning). Untuk menghadapi persaingan yang ketat maka kita harus menentukan segmentasi yang lebih personal untuk menghadapi perilaku konsumen yang makin majemuk. Dengan begini target market kita jadi lebih jelas dan budget promosi jadi efektif. Penentuan target market ini akan memudahkan untuk menentukan pemilihan media yang sesuai.

Misi Promosi
Menentukan misi dan apa yang ingin dicapai akan membuat promosi menjadi efisien. Beberapa misi promosi seperti meraih awareness, membangun brand, menggali exposure, meningkatkan sales dan customer loyalty.

Merencanakan Pesan
Saat ini komunikasi sudah berlangsung secara dua arah sehingga UKM harus bisa meramu pesan yang bisa membangun komunikasi dua arah dengan konsumen. Sebelum membuat message untuk memperkuat promosi, UKM harus memperhatikan siapa audiensnya. Gunakan bahasa yang sesuai dengan target market untuk memperkuat pesan promosi. Buatlah pesan yang mempunyai daya tarik emosional, rasional dan moral.

Memilih Media
Pilihlah channel media yang tepat sesuai dengan target konsumen kita. Media digital memang memperkaya channel promosi tapi jangan menggunakan media digital karena ikut-ikutan saja. Fokuslah pada target market yang dituju, pelajari perilaku mereka, lalu pilihlah media yang sesuai. Ada dua pilihan media yang ada yaitu, media offline dan online. Kedua pilihan tersebut berkaitan dengan target pasar dan dana yang disiapkan.

Media promosi offline seperti iklan, sponsorship, salesperson, salespromo, peliputan media cetak, direct selling, direct marketing dan event promo. Media promosi online seperti iklan menggunakan adwords, website, blog, forum atau situs jual beli dan melalui social media.

Menentukan Budget
Untuk menentukan budget jangan menggunakan persentase dari keuntungan yang dijatah untuk budget promosi. Tentukan dulu objek yang ingin dicapai, dengan cara apa kita menggapainya, barulah budget dianggarkan. Pemilihan media akan berpengaruh besar pada penentuan budget promosi.

Mengukur efektivitas promosi
Banyak pelaku UKM yang seringkali tidak melakukan pengukuran terhadap strategi promosi yang telah dijalankan. Padahal hal ini penting untuk mengetahui seberapa efektif strategi promosi yang kita lakukan. Pengukuran efektivitas promosi bisa dilakukan dengan cara mengukur impact terhadap penjualan, melakukan riset sederhana tentang brand awareness, atau melakukan pengukuran di media digital jika menggunakan digital marketing.

Demikian Fresher, semoga informasi Sukses Merencanakan Promosi Bisnis ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kita semua.

 

Sukses Merencanakan Promosi Bisnis - Pewangi Laundry

Sukses Merencanakan Promosi Bisnis – Pewangi Laundry

Sumber : strategijualan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *