Takut Sepatu Anda Cepat Rusak Ketika Musim Hujan, Intip Tips Ini Yuk!

Terkadang musim hujan membuat aktivitas Anda serba terbatas. Selain itu tubuh jadi rentang terhadap penyakit. Tapi pernahkah Anda mencoba menerobos hujan agar cepat kembali ke rumah atau mengejar bus?

Tentunya Anda tidak dapat menghindari genangan air ketika melewati jalan ketika hujan. Namun hal itu, sepatu Anda menjadi basah dan kotor. Apabila tidak Anda langsung bersihkan, sepatu Anda “dimakan air”. Jadi jangan kaget ketika sepatu Anda justru menjamur dan bau kaki.

Ada beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk merawat sepatu Anda yang terkena genangan air di musim hujan agar tidak cepat rusak dan berbau.

1. Gunakan sikat halus untuk menghilangkan noda lumpur yang basah. Anda bisa memanfaatkan sikat gigi yang sudah tidak terpakai untuk membersihkannya.
2. Sebaiknya jangan tunggu noda lumpur mengering, segera bersihkan ketika sepatu terkena noda.
3. Segera lepas dan keringkan sepatu yang basah dengan cara dijemur atau menggunakan kipas angin, jangan langsung di jemur di bawah sinar matahari secara langsung ataupun menggunakan blow dryer. Hal itu membuat warna sepatu Anda memudar.
4. Hindari memakai sepatu yang basah untuk waktu yang lama, karena keringat dari kaki yang bercampur dengan air hujan bisa menimbulkan bau pada kaki.
5. Apabila genangan air sangat kotor, sebaiknya segera cuci sepatu dengan menggunakan campuran deterjen cair dan air hangat.
6. Semir sepatu selain membuat warna sepatu menjadi lebih indah, juga dapat melindungi sepatu dari kotoran. Untuk itu, jangan lupa untuk menyemir sepatu secara rutin.
7.Jangan gunakan sepatu yang masih basah untuk beraktivitas. Sebaiknya biarkan sepatu benar-benar kering terlebih dahulu.

Jangan lupa juga untuk selalu mencuci sepatu setiap 2 minggu sekali dengan menggunakan sabun cuci yang lembut. Dan sebaiknya gunakan deterjen cair.

Jika Sudah Terlanjur Terkena Hujan

Sebisa mungkin agar ketika musim hujan, Anda menggunakan sepatu berbahan plastik yang dijamin pasti aman terkena air hujan dan genangan air.

Namun, jika harus mengenakan sepatu kulit saat musim hujan, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut agar sepatu kesayangan Anda tak rusak ‘dimakan’ air.

1. Segera setelah tiba di rumah, lepaskan sepatu dan keringkan di suhu kamar.
2. Gunakan kain lembap dan lembut untuk menyeka kotoran dan minyak berlebih dari sepatu. Melakukan hal ini akan menjaga sepatu dari timbulnya noda.
3. Gosokkan kondisioner kulit dengan ujung jari Anda. Fokus pada daerah-daerah yang basah. Kondisioner kulit dapat dengan mudah dibeli di toko jahit atau kain lokal.
4. Letakkan sepatu kulit di tempat yang kering pada suhu kamar. Jangan menggunakan panas untuk mengeringkan kulit dengan harapan panas akan mengeringkan kulit lebih cepat. Sepatu kulit yang basah membutuhkan beberapa hari sampai benar-benar kering.
5. Jika beberapa bagian sepatu tampak sudah kering, Anda bisa kembali mengoleskan kondisioner kulit. Jangan terlalu berlebihan karena bisa membuatnya tampak berminyak. Pastikan bahwa Anda hanya menggunakan ujung jari Anda untuk menggosok kondisioner kulit ke daerah-daerah yang kering. Menggunakan alat pada kulit dapat menyebabkan kerusakan pada sepatu.
Nah itu dia beberapat ips yang bisa Anda gunakan untuk merawat sepatu di kala musim hujan. Tidak hanya merawat namun Anda juga mengantisipasi kerusakan pada sepatu kesayangan Anda, bukan?

Selamat mencoba 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *