Tips Cara Merawat Kain Sutera

Cara Merawat dan Mencuci Kain Sutera

Cara Merawat dan Mencuci Kain Sutera

Tips Cara Merawat Kain Sutera
Sutera adalah salah satu bahan kain yang sangat halus dan memiliki kualitas yang sangat bagus. Kain sutera memiliki tekstur sangat lembut dan halus sehingga nyaman dikenakan sebagai bahan untuk pakaian. Biasanya kain sutera banyak di gunakan untuk membuat pakaian jenis gaun, kemaja batik dan lainnya, tentu dengan harga yang cukup mahal.
Dari segi perawatan kain sutera memang sangat berbeda dengan kain-kain lainnya. Lalu bagaimana cara merawat kain sutera yang baik dan benar? Kami akan mengulas jawabannya.

Berikut ini penjelasan dari pertanyaan cara merawat kain sutera yang baik dan benar :
1. Cara Mencuci Kain Sutera
Sebelum mencuci kain sutera, jangan mencampur dengan cucian pakaian lainnya. Mencuci kain sutra sangat dianjurkan secara manual, dan sangat tidak dianjurkan dicuci dengan mesin cuci, hal ini karena dapat membuat serat sutra jadi rusak dan kusut. Mencuci sutera jangan menggunakan deterjen atau pemutih, karena banyak detergen mengandung zat senyawa alkali yang dapat merusak serat dan warna kain sutera akan cepat pudar.

Gunakan shampo bayi atau sabun lerak untuk mencuci kain sutera, dan cara mencucinyapun kain sutera dianjurkan dengan cara mengucek perlahan saja agar tidak merusak tekstur kain sutera yang lembut. Jangan sampai ada bagian yang terlipat saat merendam dalam air sabun, kucek perlahan bagian yang kotor, usap-usapkan buih secara merata ke seluruh bagian pakaian.

Sutera memiliki sifat anti debu dan noda itulah kelebihan dari bahan tersebut. Namun apabila anda menemukan noda yang susah dihilangkan, caranya dengan memercikan cuka pada bagian noda dan gosok dengan jari secara lembut sampai noda menghilang, lalu cuci dengan shampo.

2. Cara Membilas Kain Sutera
Sebelum membilas kain sutera pada saat mencuci kain sutera, siapkan dan gunakanlah air hangat (-+ 30 C) saat membilasnya, hal ini bertujuan agar pelapis sutera anda bersinar kembali. Bilas dalam air bersih sebanyak 2-3 kali. Jangan memeras kain sutera, cara terbaik untuk mengeringkannya adalah dengan digulung menggunakan handuk. Kain tidak diperas secara langsung, namun dilindungi dengan handuk. Air pun dapat lebih banyak terbuang karena diserap oleh handuk. Atau biarkan kering dengan sendirinya tertiup angin / diangin-anginkan.

3. Cara Menjemur Kain Sutera
Proses menjemur pakaian dari kain sutra cukup simple, cukup dijemur di tempat teduh/ diangin-anginkan saja. Hindari menjemur tepat di bawah terik matahari karena dapat merusak kualitas benang dan menyebabkan bahan sutra memudar. Jika bahan sutra yang anda cuci adalah jenis sarung tenun sutra, gunakan pemberat pada sisi bawahanya agar tekstur sarung menjadi lurus kembali.

4. Cara Menyetrika Kain Sutera
Setrika kain dalam kondisi masih lembab dengan suhu setrika yang sedang, tidak terlalu panas (level silk). Selalu balik busana sehingga bagian dalamnya berada di luar, kemudian lapisi dengan kain katun. Penggunaan seterika uap cukup digandrungi akhir-akhir ini, tetapi kamu harus ekstra hati-hati, kalau tidak, seterika uap ini bisa meninggalkan bekas uap yang permanen pada sutera. Jika Anda ingin memberi pewangi atau pelembut kain pada pakaian sutera, jangan semprotkan langsung pada pakaian suteranya. Sebaiknya, tutupi dulu pakaian suteranya dengan koran, lalu semprotkan cairan pewangi dan pelembut tadi di atas koran. Jangan semprotkan parfum atau minyak wangi langsung ke pakaian sutera.

5. Cara Menyimpan Kain Sutera
Gunakan pembungkus dari bahan kain katun, jangan dengan plastic karena bisa menyebabkan jamur. Gunakan selalu hanger atau gantungan pakaian yang terbuat dari bahan lembut, yang dilapisi busa. Jika Anda ingin menyimpannya di lemari, upayakan untuk menggantung bahan atau pakaian dibanding melipatnya. Hindari menyimpan pakaian berbahan sutera di tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Gunakan kamper anti serangga/ngengat atau akar wangi untuk mengusir ngengat pada almari pakaian. Cara lain, anda bisa menyimpan busana sutera tersebut dengan dibalut menggunakan kain berbahan katun.Satu tips agar lemari terhindar dari rengat dengan cara beri sedikit merica yang dibungkus tisu dan letakan didalam lemari.

Demikian tips cara merawat dan mencuci kain sutera dari kami, semoga artikel ini bermanfaat, simak juga tips-tips menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *