Tips Dan Strategi Menjalankan Usaha Jasa Laundry

Pilihlah lokasi yang tepat
Untuk menjalankan bisnis apapun lokasi merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam pemasaran. Begitu juga usaha laundry, pemilihan lokasi yang baik akan menentukan bisnis Anda ramai atau tidak. Untuk usaha jasa laundry pilihlah lokasi-lokasi yang dekat dengan sekolah, kampus, atau kontrakan.

Hal itu dikarenakan biasanya orang yang tinggal di lokasi itu tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan aktivitas mencuci, oleh karenanya biasanya mereka lebih memilih untuk mengunakan jasa laundry.

Sesuaikan harga
Sebelum membuka usaha ada baiknya Anda melakukan riset sederhana untuk mengetahui harga pasaran untuk usaha jasa ini. Anda bisa melihat berapa harga yang ditawarkan oleh kompetitor. Buatlah harga yang sesuai dengan pelayanan yang Anda berikan terhadap pelanggan. Pada dasarnya pelanggan tidak akan merasa keberatan dengan membayar sedikit lebih mahal asal mereka puas dengan pelayanan yang Anda berikan.

Berikan pelayanan ekstra
Bila sudah ada banyak yang membuka bisnis serupa Anda harus mempunyai faktor pembeda dari yang lain. Berikanlah pelayanan ekstra seperti memberikan pilihan minyak wangi, anti kusut, pelayanan antar jemput.

Selain itu dalam usaha jasa laundry ketepatan waktu adalah hal yang mutlak Anda jaga. Jangan sampai pelanggan Anda kecewa karena pakaian yang mereka cuci tidak diselesaikan dengan tepat waktu. Buatlah pelanggan Anda cinta mati agar tidak berpindah ke kompetitor.

Perhatikan kualitas
Pelajari teknik-teknik mencuci agar pakaian tidak kusam dan luntur. Hal ini penting bila hasil cucian baik, bersih dan wangi maka costumer akan kembali lagi ke tempat Anda.

Rekrut tenaga kerja yang tepat
Rekrut karyawan yang sesuai dengan bidang yang akan dikerjakan. Pisahkan antara karyawan bagian administrasi dengan bagian cuci, agar waktu kerja mereka bisa efektif. Untuk penambahan karyawan diperlukan bila usaha jasa laundry kiloan Anda sudah berkembang. Sedangkan diawal usaha mungkin semua pekerjaan bisa di handle oleh satu orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *