Tips Melebarkan Bisnis

Besar atau kecilnya memulai bisnis bukanlah ukuran, yang sudah pasti adalah Anda sudah terlepas dari sulitnya memulai usaha. Walaupun misalnya bisnis Anda adalah usaha kecil-kecilan, janganlah bersedih. Jika bisnis saat ini sudah berjalan, maka saatnyalah Anda untuk memikirkan bagaimana agar bisnis Anda untuk segera “naik kelas “. Itu jika Anda memang seorang yang berjiwa entrepreneur.

Prof. Rhenald Kasali menyatakan (female.kompas.com), “Seorang entrepreneur sifatnya menciptakan inovasi, melakukan perubahan, dan tentunya bisnis Anda harus memiliki keunikan. Tidak bisa sama terus menerus, sehingga hilang keunikannya” Sebuah bisnis, menurutnya harus bisa dibangun dan dikembangkan agar bisa naik kelas, tentu dengan memiliki keunikan.

Agar Anda bisa membangun bisnis dengan menciptakan keunikan, Anda harus bisa juga membangun diri Anda sendiri. Ada beberapa hal yang penting untuk dipersiapkan ketika Anda sedang bersiap membawa usaha Anda untuk “naik kelas”, yakni:

1. Leadership, kepemimpinan Anda harus terus berkembang.
2. Knowledge Management, memberdayakan dan memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan mengenai ilmu management.
3. Disiplin, mendorong kebiasaan disiplin akan membuat pribadi serta usaha Anda belajar serta bertumbuh.
4. Marketing dan Branding, agar bisnis Anda cepat dikenal pelanggan, siapkan dan lakukan promosi serta membuat nama dan logo yang menarik.
5. Talent Management, Anda harus jeli melihat dan menilai talenta masing-masing pegawai agar penempatannya tepat.
6. Change or Adaptive, butuh kesiapan Anda untuk berubah, beradaptasi, dan berantisipasi dengan keadaan di masa mendatang.
7. Continuous Innovation, teruslah memutar ide untuk membuat sesuatu inovasi yang baru.
8. Kompetitif, bisa terus mendorong diri untuk terus maju dan bersaing di pasaran. Tentunya kompetisi dengan hal yang sehat. Bukan dengan menghalalkan segala cara.

Jika memang Anda sedang memikirkan kemungkinan bisnis, ingatlah bahwa Anda tidak hanya sekedar berusaha, berbisnis dan berekonomi untuk selama-lamanya. Anda dapat saja menjalankan bisnis selama beberapa tahun hingga Anda menemukan ide atau inovasi yang lebih cemerlang lagi atau berada di posisi untuk memulai bisnis yang lebih besar atau melebarkan sayap yang membutuhkan banyak modal. Semoga bermanfaat, salam freshlab (pewangi laundry by simply fresh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *