Tips Membawa Pakaian Agar Praktis Dibawa Mudik

Sudah siap-siap mudik Lebaran ke kampung halaman? Pasti menyenangkan membayangkan perjalanan mudik yang menyenangkan dan keriaan berkumpul bersama keluarga besar.

Tapi sebelum jauh-jauh membayangkan hal ini, Anda pasti terlebih dulu berkemas untuk mudik. Nah, berkemas atau packing ini mungkin saja jadi ‘PR’ besar untuk Anda, apalagi untuk yang masih punya anak balita.

Sudah pasti ada banyak barang dan baju yang ingin dibawa mudik. Tapi sayang, kalau dibawa semua bisa-bisa koper tak muat, bawaan terlalu banyak dan berat sampai beban bagasi bertambah.

Cara klasik yang dilakukan agar koper jadi muat banyak baju dan barang lainnya adalah dengan mendudukinya sembari menutup kancing. Akan tetapi masih berlakukah cara ini sekarang?

Yang perlu disadari, mengepak barang ini mirip permainan Tetris di zaman dulu. Anda harus mencari stempat yang pas untuk benda yang tepat. “Ketika berkemas, orang jadi ketakutan untuk pergi ke tempat tersebut. Dan mereka biasanya menggunakan pakaian sebagai senjata penyelamat. Ini yang membuat orang biasanya overpacking,” kata Cary Cooper, profesor psikologi di Lancaster University, Inggris.

Mengutip Real Simple, berikut cara praktis yang bisa ditiru untuk membantu Anda berkemas pakaian. Ada dua metode yang biasa digunakan untuk mengepak, yaitu folding (melipat) dan rolling (menggulung)

1. Menggulung
Jangan mentang-mentang teknik ini membuat pakaian Anda jadi ringkas, langsung semua baju dan celana digulung sebelum dimasukkan dalam tas. Anda juga harus tahu apa saja yang boleh dilipat dan pakaian apa yang hanya boleh dilipat.

Teknik menggulung sangat tepat digunakan untuk tas kain yang dijinjing. Selain itu teknik ini dipakai juga untuk pakaian rajit dan stretch, celana olahraga, sweater ringan, jersey dan jeans.

2. Melipat
Teknik melipat ini sangat tepat digunakan untuk mengepak pakaian yang terbuat dari bahan yang mudah berkeriput. Beberapa di antaranya adalah pakaian dari bahan kain rayon dan sutera.

Sweater yang tebal, kemeja, rok tenun, celana dan jaket juga merupakan pakaian yang lebih cocok dilipat dibanding digulung.

Teknik melipatnya sama dengan cara melipat ketika Anda menggosok dan melipat sebelum dimasukkan ke dalam lemari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *