Tips Membersihkan Boots atau Sepatu dari Suede

Apakah Anda sedang mencari informasi seputar cara membersihkan boots atau sepatu yang terbuat dari bahan suede? Di bawah ini adalah cara merawat dan membersihkan produk terbuat dari suede.

Perbedaan bahan suede dengan bahan kulit adalah bahan suede lebih lembut dan rapuh dibandingkan bahan kulit biasa. Selain itu suede gampang sekali ternoda serta lebih sulit dibersihkan dibandingkan dengan kulit biasa.Berbeda halnya dengan bahan kulit biasa, noda pada bahan suede bisa jadi semakin parah jika dibersihkan dengan bahan pembersih biasa seperti sabun dan air.

Mengingat faktor kesulitan di atas mengetahui cara membersihkan bahan suede sangat penting bila Anda memiliki sepatu jaket,boots, sepatu atau aksesoris lain yang terbuat dari bahan suede.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat membersihkan,bahan suede tanpa merusak bahan suede itu sendiri:

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah sikat yang digunakan untuk membersihkan bahan suede haruslah sikat khusus. Gerakkan sikat searah dengan arah serat bahan suede, dan bukannya berlawanan arah.Hal ini akan membantu kinerja produk pembersih bahan suede.

Apabila boots Anda tergores atau agak lecet di bagian tepinya, gunakan sikat khusus bahan suede. Sikatlah bagian yang tergores dengan gerakan bolak-balik ke depan dan ke belakang, selain itu harus diusahakan untuk menyikat hanya bagian yang tergores saja.

Noda membandel memang perlu dibersihkan dengan air.Namun harus diingat membersihkan dengan air akan menyebabkan warna bahan suede menjadi sedikit berubah. Karena itu, agar perbedaan warna tidak terlalu terlihat, bersihkan seluruh bagian boots bahan suede, dan bukannya membersihkan bagian yang kotor saja.

Basahi seluruh bagian boots dengan mengoleskan sedikit air mempergunakan sikat khusus bahan suede. Tapi gosok hanya bagian yang ternoda saja. Sisipkan sadel perawatan sepatu atau kertas yang telah digulung ke dalam sepatu untuk menjaga bentuk sepatu boots. Setelah itu keringkan boots atau sepatu Anda dengan cara diangin-anginkan. Sebagai catatan, janagan gunakan kertas koran yang digulung sebagai sadel sepatu, karena tintanya bisa mengenai bahan suede boots atau sepatu Anda.

Tips lainnya, apabila sepatu boots Anda terkena noda bekas air, gunakan sedikit cuka putih untuk membersihkan bahan suede. Untuk beberapa saat bau cuka mungkin akan tercium, tapi akan perlahan-lahan menghilang.

Demikianlah sekilas cara membersihkan sepatu atau boots yang terbuat dari bahan suede. Semoga bermanfaat dan terima kasih karena telah mengunjungi blog seputar cara membersihkan berbagai barang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *