Tips Memenangkan Persaingan Toko Online

Semakin banyaknya kompetitor bisnis online tentu akan meningkatkan persaingan untuk merebut hati konsumen. Pertumbuhan toko online baru yang kian hari kian menjamur bisa saja mengancam perkembangan toko online kita. Persaingan yang ketat jika kita tidak mampu memenangkannya, maka bisa jadi akan membuat penjualan toko online kita menjadi lesu.
Persaingan toko online untuk menggaet pelanggan yang demikian ketat biasanya sedikit banyak akan memunculkan kompetisi yang kurang sehat dalam berbisnis. Segala cara akan dilakukan demi untuk mendapatkan pelanggan, seperti dengan cara menurunkan harga yang tidak wajar.
Cara ini meskipun akan cepat mendapatkan perhatian dari konsumen, namun sangat beresiko jika terus dilakukan. Karena lama kelamaan akan membunuh produk itu sendiri.
Untuk memenangkan persaingan dalam menjalankan toko online sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan tanpa harus banting harga.
1. Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Produk kita
Sebelum melakukan pemasaran pada produk maupun pada pasar, kenali dahulu kelebihan dan kekurangan produk kita.Ukur seberapa besar keunggulan produk yang kita miliki untuk meningkatkan daya jual serta seberapa besar kekurangan yang mungkin bisa menurunkan daya jual produk kita. Maksimalkan kelebihan dengan branding yang tepat, dan sebisa mungkin perbaiki kekurangan yang ada pada produk online kita.

2. Jangan Ragu Membuat Pelayanan yang Beda
Untuk memenangkan persaingan dalam toko online tidak harus menjadi yang paling murah.Pelayanan yang baik, kecepatan dalam merespon keinginan pelanggan , pelayanan setelahpembelian( after sales ) sangat berperan penting . Biasakan mulai sekarang untuk sekedar memberikan perhatian kecil, seperti mengucapkan selamat saat mereka ulang tahun, atau apa saja yang bisa mendekatkan kita dengan pelanggan.

3. Menangkan Persaingan Toko Online Dengan Kualitas
Ini harus dilakukan pada produk kita , seberapa besarpun promo, branding, maupun strategi marketing yang dilakukan, namun jika kualitas produk kita tidak bagus maka konsumen pun akan enggan untuk kembali membeli produk yang kita jual.

4. Berikan Voucher Belanja Pada Konsumen
Memberikan voucher belanja pada konsumen tidak sama dengan memberikan diskon. Memberikan voucher belanja lebih memiliki keterikatan pada pelanggan kita. Pemberian voucher juga bisa meningkatkan kualitas hubungan dari produsen dengan konsumen. secara tidak sadar, kita sudah mengikat konsumen untuk menjadi pelanggan setia .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *