Tips Memulai Bisnis Laundry Rumahan

Tips Memulai Bisnis Laundry Rumahan dan Laundry Kiloan

Tips Memulai Bisnis Laundry Rumahan dan Laundry Kiloan

Tips Memulai Bisnis Laundry RumahanĀ 
Untuk memulai bisnis laundry rumahan tentu kita harus tahu sop usaha laundry atau Standar Operasional Prosedur bisnis laundry kiloan dan paham bagaimana strategi peluang usaha laundry kiloan. Memulai bisnis laundry kiloan ada beberapa tahap yang harus Anda persiapkan. Untuk usaha laundry rumahan tentu saja rumah kita sebagai tempat bisnis usaha laundry kiloan ini. Dan yang perlu Anda persiapkan selain rumah atau tempat simak berikut ini.

Cara memulai bisnis laundry rumahan atau bisnis laundry rumahan cukup dengan modal seandanya tanpa harus dengan modal yang besar. Anda yang mempunyai modal yang cukup, bisa membeli mesin cuci langsung secara tunai. Kalaupun anda tidak mempunyai modal yang cukup, anda bisa membeli mesin ini dengan cara kredit.

Sebelum Anda memulai bisnis laundry rumahan dan laundry kiloan, yang harus Anda perhatikan antara lain :

1. Peralatan Laundry Rumahan / Peralatan Laundry Kiloan
Karena anda hanya ingin membangun sebuah bisnis laundry rumahan, anda tidak perlu terlalu kebingungan dalam hal peralatan. Anda persiapkan saja mesin cuci cukup satu saja dahulu, alat pengering, strika listrik, meja setrika, rak untuk menempatkan hasil cucian anda dan timbangan.

Dengan peralatan anda yang lengkap, akan meningkatkan kualitas dari bisnis laundry anda ini dan konsumen akan merasa puas. Namun anda harus jeli dalam memilih peralatan yang dibutuhkan ini karena kalau peralatan yang anda beli memiliki kualitas yang bagus tentu akan menjadi keuntungan tersendiri buat anda. Namun anda juga harus pandai mencari peralatan yang berkualitas namun dengan harga yang terjangkau.

2. Bahan Baku Laundry
Bahan baku dalam bisnis ini antara lain adalah deterjen pencuci, pewangi pakaian, pelembut pakaian, dan pelicin pakaian. Dalam memulai bisnis laundry rumahan ini, anda juga harus mempertimbangkan bahan baku yang sekiranya aman karena bahan baku tersebut merupakan bahan kimia. Syarat utama dalam pemilihan bahan baku adalah pertama aman bagi kain atau pakaian yang anda cuci. Kedua adalah aman bagi kulit pemakai baju dan aman bagi kulit pencucinya. Dan yang terakhir adalah aman bagi lingkungan anda.

3. Karyawan / Orang Yang Membantu Pekerjaan Cuci dan Setrika dan lain-lain
Dalam bisnis apapun, kepuasan dari pelanggan akan sangat diutamakan termasuk bisnis laundry rumahan ini. Kalau anda tidak terjun langsung dalam bisnis ini, anda pasti akan mencari karyawan untuk sebagai perpanjangan tangan anda. Karyawan haruslah tahu bagaimana memperlakukan pakaian yang hendak dicuci. Misalnya harus memisahkan pakaian yang berwarna dengan yang putih. Karyawan harus berhati-hati agar terhindar dari lunturnya pakaian. Pakaian yang dicuci harus diteliti soal kebersihannya karena prinsip utama dari laundry adalah pakaian yang datang kotor harus menjadi bersih saat pemilik mengambilnya.

Selain itu karyawan harus teliti dalam hal menyetrika, jangan sampai pakaian hangus atau kerut saat disetrika. Hal lain yang cukup vital adalah berhati-hati jangan sampai pakaian pelanggan tertukar atau hilang. Anda sebagai pemilik bisnis laundry ini memang bertanggung jawab mengganti, tetapi konsumen akan lebih nyaman melaundrykan pakaiannya kembali ke tempat anda kalau anda bisa mengantisipasi hal tersebut.

4. Kemasan Laundry Rumahan / Laundry Kiloan
Selain hasil cucian yang memuaskan, kemasan luar saat pemilik mengambil cuciannya haruslah baik. Jangan asal mengemasnya dengan plastik bekas, hal ini akan menurunkan nilai dari bisnis laundry anda. Apalagi kalau anda baru memulai bisnis laundry rumahan ini.

Semua 4 tahapan dan persiapan sebelum memulai bisnis laundry kiloan dan laundry rumahan diatas juga harus diimbangi dengan praktek langsung dengan memulainya. Tanpa memulai langsung maka semua usaha yang kita mulai tidak akan berjalan sesuai dengan keinginan kita atau kesuksesan harus diimbangi dengan ketekunan dan ke uletan kita. Demikian Fresher, semoga informasi cara memulai bisnis laundry rumahan kali ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *