Tips Memulai Hidup Mandiri

Saat masa putih abu abu telah selesai, maka itu pertanda kehidupan anda baru dimulai. Setelah masa itu anda akan dihadapkan dengan berbagai banyak pilihan. Jika anda tidak dapat memilih pilihan tersebut dengan tepat maka selesai sudahlah. Cepat atau lambat anda pasti akan dituntut untuk hidup mandiri. Suka ataupun tidak itu merupakan hal yang sudah pasti anda alami setelah selesai masa anda bersenang senang atau masa sma. Tidak perlu khawatir tidak bisa bisa hidup mandiri, berikut ada kiat kiat yang mungkin bermanfaat untuk anda.
1. Survey Harga
Saat anda memasuki lingkungan baru, dan pada kenyataannya anda jauh dari orang tua hal yang harus anda lakukan pertama kali adalah survey harga. Survey harga yang dimaksudkan disini adalah mendata harga keperluan yang anda butuhkan selama tinggal ditempat itu. Misalkan harga makanan, paket data kuota, ataupun laundry. Jangan lupa sesuaikan dengan budget anda.

2. Membagi Uang
Ketika anda jauh dari orang tua maka anda akan dituntut untuk hemat. Jika tidak anda akan kesusahan menghadapi hari hari kedepan. Mulailah mengatur financial anda secerdas mungkin. Dan mulailah disiplin jika menggunakan uang, pastikan anda menggunakan uang tersebut sesuai dengan yang telah anda rencanakan sebelumnya. Percuma jika anda bisa mengatur uang namun tidak bisa disiplin dalam menggunakannya.

3. Belajar Memasak
Belajar memasak juga merupakan salah satu hal yang bisa membuat anda terbiasa hidup mandiri. Selain menghemat, anda juga menjadi calon yang ideal. Mulailah dari hal yang mudah, misalnya memasak air ataupun memasak nasi untuk sarapan.

4. Kurangi Waktu Bermain
Waktu anda merantau entah untuk kuliah ataupun kerja. Sebaiknya anda mulai mengurangi waktu bermain anda, selain untuk menghemat finansial yang anda miliki anda juga bisa memulai hidup sehat.

5. Menelpon Orang Tua
Sekalipun anda mencoba hidup mandiri, namun anda harus tetap menelpon orang tua untuk memberi kabar. Jangan pernah lupa untuk memberi kabar orang tua anda, karena itu bisa mempengaruhi rejeki anda.
Sekian beberapa tips yang mungkin bisa membantu masalah anda. Semoga bermanfaat. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *