Tips Mencuci Baju Bekas

Siapa yang gemar berburu baju bekas?? Baju bekas atau yang biasa dikenal dengan istilah awul-awul dapat dengan mudah ditemui di pasar malam ataupun di toko baju bekas. Penjual baju bekas awul awul ini mudah sekali dijumpai dipasar-pasar di Indonesia. Sekalipun baju awul-awul ini adalah baju bekas, namun jenis baju ini memiliki peminat yang cukup tinggi. Kenapa bisa begitu? Cobalah Anda lihat lebih seksama, apakah Anda tidak tertarik jika ada baju dengan merk brand tertentu, baju tersebut walaupun bekas namun masih sangat layak untuk dipakai, dan yang terpenting baju tersebut dijual dengan harga yang sangat miring? Itulah beberapa alasan kenapa baju bekas selalu ada peminatnya.

Baju-baju bekas itu biasanya diimpor langsung dari luar negeri, oleh karena itulah banyak sekali baju di toko awul-awul yang bermerk international. Peminat dari baju bekas di awul-awul ini biasanya kamu muda. Namun, taukah Anda bahwa tidak semua toko awul-awul memperhatikan kebersihan baju bekas yang mereka jual? Mengingat baju ini pernah digunakan pemakai terdahulunya dan juga di awul-awul telah tercampur dengan baju bekas lainnya, tentu pada baju bekas ini menempel banyak jamur, kuman, maupun bakteri-bakteri berbahaya. Nah parahnya masih banyak kaum muda yang belum tau cara mencuci baju bekas yang benar. Oleh karena itu sekarang kami langsung saja berikan cara dan tipsnya!

CARA MENCUCI BAJU BEKAS DENGAN BENAR AGAR DIJAMIN KEBERSIHANNYA
Pada umumnya orang akan langsung mencuci baju baru mereka dengan detergen. Namun hal ini sebaiknya tidak dilakukan saat Anda membeli baju bekas. Langkah pertama ialah rebus baju bekas didalam air mendidih yang telah dicampur dengan baking soda. Rebus kurang lebih 30 menit.
Setelah direbus, diamkan sejenak. Periksa setiap bagian pada baju bekas tersebut, jika masih ada noda yang menempel rendamlah baju tersebut dengan air dingin dan detergen antinoda yang dapat Anda beli dipasaran. Belilah detergen antinoda yang memiliki kualitas baik. Rendam sekitar 1 jam atau baca petunjuk pemakaian pada kemasan detergen.

Cuci baju seperti biasa. Anda juga dapat menambahkan pengharum pakaian untuk menghilangkan bau apek yang menempel pada baju bekas yang Anda beli. Setelah selesai, coba periksa lagi apakah masih ada noda yang menempel.
Jika semua noda sudah hilang, Anda baru boleh menjemur pakaian tersebut. Setelah kering, setrikalah baju agar rapi dan sekarang Anda sudah siap bergaya dengan baju awul awul baru milik Anda.

Dengan membeli baju bekas, berarti Anda seharusnya sudah mengetahui bahwa baju tersebut sebelumnya pernah dipakai oleh orang lain. Kita tidak mengetahui seberapa kotor baju bekas tersebut. Kita juga tidak mengetahui seberapa berbahayanya jamur, bakteri, maupun kuman yang menempel pada baju itu. Apakah si pemakainya dulu memiliki penyakit kulit? Anda juga tidak mengetahuinya. Oleh karena itu, saat mencuci baju bekas yang barusan Anda beli, sebaiknya jangan mencampurnya dengan baju-baju lama milik Anda yang lain. Hal ini untuk mencegah kuman atau bakteri menyebar dan menempel pada pakaian milik Anda.

Demikianlah cara mencuci baju bekas yang Anda beli di awul-awul dengan benar. Berikan perhatian khusus saat membersihkannya agar diperoleh hasil yang bersih. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan akhir kata, selamat hunting baju di awul-awul, Salam Freshlab.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *