Tips Mencuci Baju Tanpa Detergen

Mencuci pakaian tanpa deterjen? Hmm, apa mungkin? Pada saat ini, mungkin hampir sebagian besar dari kita beranggapan bahwa mencuci harus menggunakan sabun atau deterjen. Telah terukir dibenak kita pokoknya kalau urusan cuci mencuci (terutama pakaian) ya mesti pakai deterjen. Eeiits, tapi tunggu dulu… tanpa deterjenpun kita masih bisa mencuci kok sobat Freshlab.

Nah, sobat Freshlab berikut ini yang dapat dilakukan untuk mencuci baju tanpa harus menggunakan detergen. Simak berikutnya yaa sob:

1. Mencuci Baju Menggunakan Lerak
Lerak (terutama Sapindus rarak de Candolle, dapat pula Sapindus mukorossi) dikenal dipakai sebagai deterjen tradisional. Batik, perhiasan seperti emas dan perak biasanya dianjurkan untuk dicuci dengan lerak karena dianggap sebagai bahan pencuci paling sesuai untuk menjaga kualitasnya. Tumbuhan lerak berbentuk pohon dengan tinggi bisa mencapai 10 m, dengan biji yang terbungkus kulit cukup keras. Lerak mengandung saponin, yakni suatu alkaloid yang berfungsi sebagai bahan pencuci yang memiliki sifat seperti sabun dan bertindak sebagai surfaktan. Kandungan racun biji lerak juga berpotensi sebagai insektisida. Mungkin terdengar unik kok bisa pohon berbuah sabun dan buahnya bisa menggantikan fungsi deterjen?? Tapi memang begitulah kenyataannya, alam telah menyediakan semuanya termasuk untuk urusan cuci mencuci ibu-ibu rumah tangga. Pohon lerak banyak tersebar diberbagai daerah Indonesia, mulai dari pulau Sumatera hingga Papua. Tapi untuk saat ini daerah penghasil terbesar adalah pulau Jawa.

Adapun cara mencuci baju dengan lerak adalah sebagai berikut:
-Mencuci dengan tangan: Hancurkan 5 butir buah lerak menggunakan palu atau di iris kecil-kecil menggunakan pisau. Lerak yang telah hancur tersebut ditambahkan 300 ml air panas, biarkan hingga dingin kemudian saring. Larutan yang tersaring itulah yang digunakan untuk mencuci.

-Mencuci dengan mesin cuci: Masukkan 3-5 butir buah lerak yang telah diremukkan ke dalam kantong kain yang tersedia dan masukkan ke dalam mesin cuci. Hindari penggunaan deterjen dan bahan pengharum (fragrance) maupun pelembut (softener). Atur temperatur air pada suhu dingin/sedang dengan putaran normal, lalu mulailah mencuci. Agar bekerja efektif dan optimal upayakan lerak bisa bersirkulasi secara bebas dan tidak terjebak di dalam lipatan bahan/kain cucian besar (seperti seprai) yang akan dicuci. Untuk membuat harum pakaian, silakan menambahkan beberapa tetes essential oil yang disenangi.

2. Mencuci Baju Menggunakan Garam
Mencuci dengan garam memberikan beberapa manfaat: bersih, bebas bakteri, tak meninggalkan bau apek, baju relatif tidak luntur, dan yang paling utama: murah, mudah dan membantu mengurangi polusi.

-Cara Mencuci Pakaian dengan Garam
Rendam pakaian sekitar 5 menit pada air yang dicampur garam. Satu sendok teh garam untuk sekitar tiga potong pakaian t-shirt dewasa. Kucek baju, lalu bilas. dengan air biasa. Jemur pakaian dengan dibalik terlebih dahulu. Untuk pakaian lebih tebal, misal celana jeans, rendam lebih lama, mungkin sekitar 15 menit.

-Mencuci dengan Garam menggunakan Mesin Cuci
Jika kamu hendak mencoba, pastikan dalam drum (bak) cuci mesin cucinya tak ada unsur logam. jika ada, bisa berkarat oleh garam. Ada baiknya juga cuci dengan tangan, hemat listrik, hemat baju dari ‘over-washed’. Untuk noda agak bandel, tempelkan garam langsung pada pakaian basah, biarkan sekitar 5 menit, kucek.

3.Mencuci Baju Menggunakan Baking Soda
Baking soda terkenal sebagai pembersih yang lebih ramah lingkungan. Untuk keperluan mencuci pakaian, tuangkan larutan setengah cangkir baking soda dan air ke pakaian yang akan dicuci agar semua nodanya hilang. Setengah cangkir baking soda yang ditambahkan ke air cucian juga bisa membantu mencerahkan cucian. Baking soda juga bisa digunakan untuk mencuci perabotan rumah tangga lainnya, seperti mesin cuci piring, kulkas, dan microwave.

4. Mencuci Baju Menggunakan Jeruk Lemon
Wanginya yang segar sangat cocok menjadi pengharum sintetis yang biasa digunakan saat mencuci pakaian. Teteskan satu sendok air perasan jeruk lemon ini pada bilasan terakhir cucian sebelum dijemur. Untuk memutihkan pakaian, tuangkan setengah cangkir air perasa jeruk lemon pada rendaman pertama. Selain untuk cucian, air perasan jeruk lemon ini juga bisa digunakan untuk membersihkan dan mengharumkan perabotan rumah tangga lainnya, seperti kulkas, toilet, mesin cuci piring, dan microwave.

Selamat Mencoba, dan semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *