Tips Mencuci Dalam Keadaan Darurat

Sebenarnya, wastafel kamar hotel bukanlah tempat ideal untuk mencuci baju-baju kotor Anda saat traveling. Tapi bila Anda tidak memiliki budget untuk memanfaatkan laundry service dan hotel tempat Anda menginap, cobalah beberapa tips di bawah ini. Tentukan baju mana saja yang ingin’disanitasikan’
Jenis pakaian yang kecil dan tipis seperti baju dalam, bandana, swimming suits dan sejenisnya, akan jauh lebih mudah dibersihkan dari pada yang tebal seperti celana jeans atau jaket. Jenis yang kecil dan tipis itu jauh lebih mudah dibilas dan dikeringkan dalam waktu beberapa jam saja. Sedangkan yang berat bisa memakan waktu sampai 2 hari!

Pikirkan metode pengeringan
Adakah clothing line di kamar mandi penginapan Anda? Bisakah Anda mengakalinya dengan mengikatkan tali di antara dua tempat tidur? Apakah disediakan tempat jemuran di patio kamar Anda? Cuaca setempat cerah atau mendung? Inilah saatnya Anda harus berpikir secara kreatif. Sisi belakang sandaran kursi, atau bagian atas tas ransel juga bisa untuk menjemur small items. Yang pasti, tentukan dulu metode pengeringannya sebelum mulai mencuci. Bisa-bisa Anda sudah mencuci sesuatu yang besar dan berat, tapi tak ada tempat yang ideal untuk mengeringkannya.

Cermati wastafel
Perhatikan dulu wastafel di kamar mandi Anda. Kemungkinan besar ukurannya standar, yang artinya tidak terlalu besar.Anda hanya bisa mencuci pakaian satu per satu. Salah satu alternatif adalah mencucinya di bak mandi.

Pilihlah ‘senjatamu’ dengan teliti
Sabun pencuci cair adalah ‘senjata’ paling jitu. Sedangkan sabun pencuci bubuk adalah pilihan yang paling tidak ideal. Pada kasus-kasus ekstrim, hand soap kadang lebih efektif ketimbang pilihan lainnya.

Cek noda-noda terlebih dahulu
Indra penciuman Anda bisa membantu untuk memilih baju mana yang harus menjadi prioritas. Gunakan sabun cair untuk node yang paling obvious. Bubuhkan sabun pada node dan sikat dahulu, sebelum Anda merendam baju tersebut.

Inspeksi tempat merendam
Bersihkanlah wastafel dari segala kotoran yang terlihat, seperti noda sabun, odol dan juga rambut. Obyektifnya adalah untuk membersihkan baju Anda semaksimal mungkin. Jika Anda akan menggunakan bak mandi untuk merendam baju, isilah bak tersebut dengan air hangat sampai 3/4 ukuran bak, lalu tambahkan 1/4 cup of liquid detergent (bila ada).

Rinse, Twist and Shout!
Setelah direndam, bilaslah pakaian Anda satu per satu. Gunakan otot-otot Anda untuk mengeluarkan sisa-sisa air dari cucian. The better you twist, the faster your clothes will dry and the sooner you can smell clean soap. Kalau takut pakaian Anda terlihat kusut, gulung pakaian di dalam selembar handuk untuk membantu mengeringkannya.

Gantung dengan leluasa
Gantunglah pakaian di tempat yang mendapatkan maximum airflow. Jika Anda harus meletakkannya di tempat yang rata, jangan lupa untuk membalikkan pakaian tersebut setelah beberapa jam.

Lipat dan simpan
Setelah pakaian-pakaian Anda benar-benar kering, ambil dan lipat dengan baik, lalu langsung simpan di dalam tas atau koper Anda.

Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *