Tips Mencuci Dasi

Dasi merupakan salah satu aksesoris yang paling tidak bisa dilupakan, terutama bagi Anda yang kerap menggunakannya ke kantor. Berbagai jenis dan warna dasi yang menggoda terkadang menggelitik hati kita untuk memilikinya. Bahkan mungkin suami Anda pun juga ikut tergoda mengoleksinya sebagai pemanis penampilan. Sama halnya dengan aksesoris-aksesoris lainnya, dasi pun membutuhkan perawatan yang harus dilakukan secara berkala.

Apabila suami Anda merupakan salah satu pengoleksi dasi, maka ini merupakan salah satu langkah paling efektif untuk memanjakannya, yakni dengan ikut menjaga barang-barang yang ia miliki, termasuk dasi-dasi yang biasa ia gunakan untuk bekerja atau bertemu dengan relasi-relasinya. Sebenarnya, kunci utama dalam menjaga usia dasi adalah dengan merawat dan menyimpannya dengan benar. Sayangnya, perawatan dasi yang benar tak banyak diketahui oleh orang. Menurut mereka, mencuci dasi semampunya sudah cukup, yang penting dasi tersebut telah bersih. Padahal, mencuci dasi dengan cara yang kurang tepat justru membuat usianya menjadi jauh lebih pendek. Lantas sebenarnya, bagaimana cara mencuci dasi yang tepat? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Perhatikan Letak Label Dasi
Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat mencuci dasi adalah mengetahui dan memperhatikan letak label yang biasanya diletakkan pada bagian belakang dasi. Biasanya, pada label tersebut telah tertera cara pencucian dasi yang tepat. Nah, saat Anda akan mencuci dasi, maka ada baiknya jika Anda mengikuti aturan pencucian sebab hal itu akan menurunkan peluang terjadinya kerusakan pada dasi saat proses pencucian dilakukan.

2. Perhatikan Noda-Noda yang Menempel Pada Dasi
Selain itu, Anda harus betul-betul memperhatikan noda-noda yang terdapat di berbagai bagian dasi. Cobalah untuk mengeceknya sebelum Anda mencuci karena hal itu akan lebih memudahkan Anda untuk mengingat bagian-bagian yang terkena noda daripada saat Anda tengah mencucinya dalam kondisi yang basah. Setelah Anda berhasil menemukan noda-noda yang melekat pada dasi, maka bergegaslah untuk membersihkannya agar noda tak menghilangkan bekas saat dasi berada dalam kondisi yang sudah kering. Sebab apabila Anda semakin lama membiarkan noda menempel pada dasi, maka semakin sulit pula noda tersebut dihilangkan.

Lain jenis noda, lain pula cara penangananya. Noda-noda yang memiliki kekentalan tinggi seperti noda yang berminyak harus ditreatment menggunakan cara yang berbeda. Anda dapat mencoba membersihkannya dengan menaburkan bedak bayi secukupnya kemudian diamkan selama beberapa jam. Bedak yang Anda taburkan tadi akan menyerap minyak dan membantu meringankan kesulitan Anda untuk mencuci dasi. Lain lagi dengan noda yang sifatnya sangat amat sulit dihilangkan. Saat menemui noda ini menempel pada dasi Anda, maka cobalah untuk menghilangkannya menggunakan emulsion atau detergen khusus.

3. Berhati-Hatilah Dalam Mencuci
Salah satu hal yang benar-benar harus Anda perhatikan adalah membiasakan diri untuk berhati-hati dalam mencuci dasi Anda. Sebab umumnya dasi terbuat dari bahan-bahan yang halus dan lembut. Oleh sebab itu, ketidaksabaran dan keteledoran dalam mencuci dasi justru akan membuatnya robet dan rusak. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *