Tips Mencuci Pakaian Agar Awet dan Wangi

Dalam hal mencuci pakaian, kadang Anda perlu berfikir berulang kali. Namun sebelum Anda banyak mikir, sebaiknya Anda mengerti bagaimana cara mencuci pakaian agar awet dan tetap wangi.

Simak tips untuk mencuci pakaian supaya tetap awet dan wangi:
1. Jika pakaian Anda terkena noda segera cuci
Sebaiknya jika ada noda di pakaian Anda, jangan di diamkan terlalu lama. Langsung cuci noda tersebut, gunakan produk pembersih noda khusus untuk membasuhnya dengan cepat

2. Pisahkan pakaian Anda.
Cara lain untuk membuat pakaian Anda tetap awet adalah dengan melakukan pemisahan. Pisahkan pakaian yang berwarna gelap dari yang terang, serta pakaian yang berbahan lembut dari yang kaku atau kasar.

3. Balik pakaian saat mencuci
Supaya pakaian tidak bergesekan dan warnanya tidak cepat pudar, sebaiknya Anda membalik pakaian saat mencuci. Luruskan gulungan kaus kaki dan manset pada lengan baju untuk melepaskan kotoran dari lipatannya. Kosongkan kantung kemeja dan celana, tutup resleting, kancing, dan pengait celana, untuk mencegah pakaian tersangkut satu sama lain dan robek.

4. Sisakan ruang di mesin cuci Anda
Sebaiknya Mesin cuci tidak diisi terlalu penuh. Dengan menyisakan cukup ruang untuk pakaian di dalam mesin cuci, alat pemutar (spinner) dapat membersihkan pakaian dengan lebih baik. Jika mesin cuci terlalu penuh, pakaian tidak akan tercuci dengan bersih.

5. Atur pencucian sesuai bahan pakaian.
Gunakan pengaturan di mesin cuci sesuai jenis pakaian. Jika pakaian Anda pada umumnya tidak begitu kotor, Anda bisa melakukan pengaturan soft dengan waktu yang tidak perlu terlalu lama.

6. Hemat air saat membilas.
Gunakan air secara pintar untuk melakukan pembilasan. Jika Anda menggunakan mesin cuci satu tabung, maka Anda tidak perlu menggunakan sabun cuci banyak, sehingga saat membilas tidak perlu banyak membutuhkan air.

7. Selalu bersihkan mesin cuci setelah mencuci.
Jangan lupa untuk membersihkan mesin cuci Anda setelah di pakai. Biarkan tutup mesin terbuka untuk mengurangi kelembabannya dan bersihkan juga kain penyaringnya agar tidak menyimpan bulu-bulu halus dari pakaian. Keringkan bagian luar mesin cuci, terutama panel-panelnya, agar tidak merusak fungsinya. Lakukan juga servis mesin cuci secara berkala untuk memastikan semua fungsi mesin tetap berjalan dengan semestinya.

6. Langsung jemur pakaian yang sudah dikeringkan.
Sebaiknya tidak meninggalkan pakaian yang sudah dicuci berlama-lama di dalam mesin cuci. Bakteri bisa dengan cepat tumbuh di pakaian yang basah.

7. Setrika pakaian dengan panas yang cukup
Saat Anda menyetrika pakaian, perhatikan jenis kain dari pakaiannya. Aturlah panas setrika sesuai dengan jenis bahan, dan jangan terlalu lama saat menyetrika pakaian.

8. Gunakan pewangi laundry
Jika Anda ingin pakaian Anda harum lebih lama, setelah pakaian selesai di setrika, dalam kondisi dingin semprotkan pewangi dari waralaba laundry dengan cara kurang lebih 30 cm dari pakaian, sehingga semprotan pewangi akan maksimal hasilnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *