Tips Mencuri Hati Konsumen

Apa alasan seorang konsumen memilih barang di satu toko, padahal ada toko lain yang menjual barang yang sama? Ternyata, alasannya tak hanya harga yang murah atau barang berkualitas.

terdapat sejumlah faktor lainnya yang mendorong konsumen memutuskan membeli suatu produk. Menurut The Rain Group, sebuah perusahaan konsultan pemasaran, para konsumen cenderung membeli dari para penjual yang jago melakukan hal-hal berikut:

1. Menyediakan gagasan dan sudut pandang baru

Saat konsumen tidak tahu apa yang harus dilakukan saat memilih produk, Anda harus mampu memberikan pandangan dan saran yang dapat membantu mereka untuk menentukan pilihan produk yang akan dibelinya.

2. Mau kerja sama

Kebanyakan konsumen benar-benar tidak mau Anda hanya menjadi penjual barang, sekalipun barangnya menarik. Mereka ingin Anda membantunya memilih barang. Anda harus lebih responsif terhadap benda-benda yang menarik konsumen.

3. Percaya diri akan kemampuan Anda

Jika Anda tak bisa meyakinkan konsumen bahwa Anda, perusahaan Anda, dan tawaran perusahaan Anda dapat memberikan hasil yang menjanjikan, konsumen tidak akan pernah membeli produk Anda. Konsumen tidak akan percaya pada Anda kalau Anda tidak percaya diri. Kepercayaan diri itu harus ditularkan pada konsumen.

4. Dengarkan konsumen Anda dengan baik

Ketika para konsumen menyampaikan yang ia butuhkan, dengarkan dengan baik. Jangan memotong apa yang dikatakan dan serta merta memberikan pandangan Anda. Ini bukan tentang Anda, tapi konsumen.

5. Pahami kebutuhan konsumen

Mencocokkan apa yang ditawarkan perusahaan dan diinginkan konsumen itu tidak cukup. Anda juga harus memahami kebutuhan pribadi konsumen dan membuat mereka yakin membeli produk Anda akan memuaskan.

6. Bantu konsumen menghindari potensi kerusakan barang

Saat membeli barang, konsumen ingin tahu masalah-masalah yang akan timbul dari produk yang dibeli dan bagaimana cara mengatasinya. Untuk itu sebagai penjual, Anda harus memberi tahu kepada konsumen soal cara untuk meminimalisir kerusakan dari produk yang dibeli.

7. Menyediakan 1.000 solusi

Yang diinginkan konsumen adalah kemampuan Anda menjelaskan dan mengusulkan solusi efektif. Hal ini bisa menjadi salah satu cara memenangkan persaingan penawaran produk.

8. Jelaskan proses pembelian produk

Konsumen tak suka jika penjual bicara panjang lebar soal harga, diskon, jumlah biaya yang harus dibayar dan lain-lain. Anda harus mampu memberi tahu calon pembeli dengan bahasa sederhana semua komponen pembelian dan bagaimana cara membayarnya.

9. Dekati konsumen

Secara tidak langsung, setiap situasi pembelian menciptakan kedekatan antara dua orang yang saling percaya: pembeli dan Anda sebagai penjual.

10. Jangan halangi konsumen membeli di tempat lain

Anda harus bisa membuktikan membeli produk dari anda lebih murah daripada membeli produk yang sama di tempat lain. Namun, Anda tetap harus membiarkan konsumen menggunakan haknya membeli dari tempat lain. Ingat, jangan pernah paksa konsumen Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *