Tips Mengatasi Rasa Cemas dan Panik

Seperti kata pepatah “hidup penuh dengan lika-liku” dalam kehidupan kita memang sejatinya akan berhadapan dengan berbagai kejadian. Mulai dari momen-momen yang membahagiakan sampai momen-momen yang menegangkan dan menakutkan. Tentu saat Anda berada dimomen bahagia tidak ada satu pun perasaan panik atau cemas menyelimuti Anda. Tapi saat Anda berada dimomen yang menegangkan maka perasaan cemas dan panik mulai melanda Anda. Hal tersebut terjadi karena perasaan takut Anda, ketakutan Anda merupakan sumber terbesar yang mendorong Anda dilanda kepanikan dan kecemasan yang bisa membuat Anda keringat dingin.

Salah satu contoh yang paling nyata adalah saat Anda mengikuti tes wawancara kerja. Di tahap tersebut tentu Anda mulai diselimuti perasaan panik, takut jika Anda melakukan kesalahan atau cemas jika ternyata Anda tidak bisa melewatinya dengan mulus. Panik dan cemas merupakan gangguan psikologis yang harus Anda atasi, bagaimana cara mengatasi kepanikan dan rasa cemas? Berikut ulasannya.

Berolahraga

Olahraga merupakan cara yang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk pula untuk mengatasi rasa takut Anda. Pasalnya, saat Anda berolahraga tubuh Anda akan melepaskan endorpin yang merupakan senyawa kimia dalam tubuh yang berfungsi untuk mengatasi perasaan cemas dan panik. Maka dari itu sebaiknya Anda mulai menjalankan rutinitas baru Anda yaitu berolahraga secara rutin.

Meditasi
Meditasi selama ini dikenal sebagai salah satu cara ampuh untuk mengatasi stres, tapi selain itu meditasi juga ternyata sangat ampuh mengatasi perasaan cemas dan mudah panik. Pasalnya, saat Anda meditasi dan memfokuskan diri pada pernafasan dan melepas semua pikiran dalam kepala Anda mampu memberi frekuensi pada tiga titik dalam sistem otak yang mengontrol perasaan takut dan emosi.

Ubah Sudut Pandang Anda
Kebanyakan kasus, perasaan panik dan cemas itu disebabkan karena pikiran kita sendiri. Misalnya, saat Anda ingin tes wawancara kerja atau menyatakan cinta pada gebetan Anda. Di tahap tersebut Anda secara tidak sadar membentuk pemikiran bahwa menyatakan cinta merupakan tahap yang sangat menegangkan. Pemikiran seperti ini pula yang akan membawa Anda untuk fokus pada hasil akhir, inilah yang mendorong Anda dilanda kepanikan. Jadi untuk mengatasinya sebaiknya Anda mengubah sudu pandang Anda, ubah pemikiran jika momen-momen menegangkan tersebut hanya hal biasa yang tidak akan berdampak buruk pada kehidupan Anda. Misalnya “cinta ditolak tidak akan membunuh Anda”.

Tantang Diri Anda
Mengatasi perasaan takut tersebut memang tidak mudah, untuk mengatasinya Anda membutuhkan sebuah dorongan kuat dalam diri Anda. Bentuklah sebuah tantangan pada diri Anda, saat Anda cemas dan panik tantang diri Anda untuk mengatasinya. Percayalah saat Anda berhasil menantang diri Anda maka Anda akan menjadi pribadi yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *