Tips Mengeringkan Baju Saat Musim Hujan

Mencuci baju pada musim hujan seperti saat ini, memang terkadang menjadi hal yang paling merepotkan. Pakaian menjadi lama keringnya, kadang bisa berhari-hari lamanya. Baju yang belum kering  sempurna seringkali membuat baju menjadi bau tak sedap. Berikut Tips Mengeringkan Baju Saat Musim Hujan :

– Untuk yang menggunakan mesin cuci: Coba maksimalkan tombol spinner (pemeras/pengering) yang ada pada mesin cuci Anda. Begitu mesin cuci selesai mencuci, Coba tambah satu putaran lagi (pengering) dengan daya putar tertinggi, karena cara ini dapat memeras lebih banyak air sehingga proses keringnya tidak terlalu lama.

– Atur volume pakaian pada tabung mesin cuci. Sesuaikan baju yang hendak dikeringkan dengan kapasitas pengeringnya,. Atur tabung mesin cuci agar tidak telalu penuh/ banyak tapi jangan juga terlalu sedikit agar udara panas yang dikeluarkan bisa bekerja dengan baik

– Jangan campur bahan berat dan ringan di dalam tabung mesin cuci. Pada saat akan memeras dan mengeringkan di mesin cuci, sebaiknya pisahkan jenis pakaian yang berat dan ringan. Hal ini agar proses memeras dan pengeringan maksimal, menghindari pakaian lebih ringan sulit kering. Adapun jenis pakaian berat misalnya handuk, jeans.

– Manfaatkan handuk kering pada saat mengeringkan dengan mesin cuci. Handuk kering bisa membantu menyerap kelembaban. Tinggal masukkan saja handuk kering beserta pakaian yang basah di dalam pengering. Handuk kering ini akan membantu cepat terserapnya sisa air yang tersisa.

– Buat Tempat Jemuran Darurat. Jemuran Darurat bisa dibuat dengan tali tambang, atau aluminium yang dapat dilipat khusus untuk jemuran. Pada musim penghujan seperti saat ini sebaiknya anda mengantisipasi dengan menyediakan tempat jemuran di dalam ruangan. Jika Anda memakai tempat penjemur  aluminium mungkin lebih fleksibel dapat dipindah tempatnya diluar dan didalam ruangan. Tempatkan pada ruang yang berangin di dalam rumah. Misal: di dekat jendela, di lantai/tingkat atas.

-Manfaatkan Lampu. Manfaatkan lampu di rumah untuk mengeringkan baju. Tempatkan pakaian di tali/penggantung khusus jemuran, dan atur posisinya di bawah lampu. Ini akan memberikan efek hangat pada baju, sehingga lebih cepat kering.

– Gunakan Hair Dryer, Kipas Angin. Meski hal ini tidak terlalu dianjurkan, karena pasti tagihan listrik Anda akan naik. Namun, jika keadaan terpaksa, baju tersebut hendak Anda pakai, anda bisa mengeringkan baju dengan hair dryer atau kipas angin.

– Disetrika. Jika baju masih agak basah atau lembap, Coba setrika baju tersebut, lalu kembali Anda angin-anginkan dengan hanger baju. Ini akan membantu proses penguapan air yang masih menempel di baju yang setengah kering / kering lembap. Tunggu semalam, pasti baju Anda sudah kering dan langsung siap pakai, karena sudah disetrika. Namun, hal ini juga jangan terlalu sering karena akan membuat serat baju tidak awet / kusam dan mudah tipis.

 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *